25 Pejabat UPN Terima Sertifikat BNSP sebagai Langkah Awal Terbentuknya LSP

IMG 3713Setelah menyandang status sebagai Perguruan Tinggi Negeri Terakreditasi A, UPN Veteran Jawa Timur terus berupaya untuk memantapkan diri sebagai Kampus unggulan. Salah satu upaya tersebut diantaranya adalah 25 pejabat yang terdiri dari wakil rektor, dekan dan beberapa pejabat yang menerima sertifikat BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) pada 2 Maret 2017.

BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) merupakan badan independen yang bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja. Pembentukan BNSP merupakan bagian integral dari pengembangan paradigma baru dalam sistem penyiapan tenaga kerja yang berkualitas. Pengembangan sistem penyiapan tenaga kerja dengan paradigma baru ini dimulai pada awal tahun 2000 yang ditandai dengan ditandatanganinya Surat Kesepakatan Bersama (SKB) antara Menteri Tenaga Kerja, Menteri Pendidikan Nasional, Ketua Umum Kadin Indonesia.

Penerimaan sertifikasi BNSP ini merupakan langkah awal UPN dalam pembentukan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi). Dimana jika telah memiliki LSP, maka UPN bisa menyelenggarakan uji kompetensi bagi mahasiswa dan masyarakat untuk sesuai dengan bidang keilmuan masing – masing. Sehingga para asesor yang tersertifikasi BNSP ini bisa memberikan penilaian terhadap kemampuan kompetensi seseorang.

Pejabat - pejabat yang telah menerima sertifikat BNSP adalah Dr. Ir. Ramdan Hidayat, MS (Fak. Pertanian) Ir. Mu’tasim Billah, MS (Fak. Teknik) Prof. Dr. H. Syamsul Huda, SE.,MMT (Fak. Ekonomi dan Bisnis) Dr. Ir. Pawana Nur Indah, MP (Fak. Pertanian) Ir. Sutiyono, MT (Fak. Teknik) Dr. Lukman Arif, M.Si (Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Dr. Sutrisno, SH., M.Hum (Fak. Hukum) Dr. Ir. Ni Ketut Sari, MT (Fak. Ilmu Komputer) Prof. Dr. Ir. Syarif Imam Hidayat, MM (Fak. Pertanian) Dr. Ir. Sukendah, M.Sc (Fak. Pertanian) Dr. Dra. Indrawati Suhertiana, M.Aks (Fak. Ekonomi dan Bisnis) Dr. Ir. Wanti Mindari, MP (Fak. Pertanian) Ir. Retno Dewanti, MT (Fak. Teknik) Dr.Drs. Nurhadi, M.Si (Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Ir. Syaifuddin Zuhri, MT (Fak. Arsitektur dan Desain) Mas Anienda Tien Fitriyah, SH., MH (Fak. Hukum) Intan Yuniar Purbasari, S.Kom., M.Sc (Fak. Ilmu Komputer) Dr. Jojok Dwiridho Tjahyono, S.Sos., Msi (Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Dr. I Nyoman Dita Pahang Putra, ST., MT (Fak. Teknik) Dr. Ir. Zainal Abidin, MS (Fak. Pertanian) Dr. Wulan Retno Wigati, M.Pd (Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Dra. Ec. Nurjanti Takarini, M.Si (Fak. Hukum) Ir. Hamidah Hendrarini, M.Si (Fak. Pertanian) Dra. Endang Iryanti, MM (Fak. Hukum) dan Ir. Sri Suryani Yuprapti Winasih, MT (Fak. Arsitektur dan Desain)IMG 3586

Sementara itu, pelatihan dan sertifikasi 25 pejabat UPN ini telah dilaksanakan selama 4 hari dan 2 hari ujian pada Desember 2016. Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, MP menambahkan diterimanya sertifikasi BNSP ini merupakan capaian yang menggembirakan untuk UPN. “nantinya jika telah terbentuk LSP, maka akan sangat bermanfaat khususnya bagi mahasiswa. Sehingga mahasiswa bisa memiliki kompetensi dan sertifikat pendukung sesuai dengan bidang keilmuannya. Jadi mahasiswa bisa memiliki sertifikat pendukung selain ijazah yang diterima dan semakin bisa bersaing di dunia kerja” tutupnya. (niz)

Program Studi

Fakultas Ekonomi & Bisnis
  1. Ekonomi Pembangunan
  2. Manajemen
  3. Akuntansi
Fakultas Teknik
  1. Teknik Industri
  2. Teknik Kimia
  3. Teknologi Pangan
  4. Teknik Sipil
  5. Teknik Lingkungan
Fakultas Ilmu Komputer
  1. Teknik Informatika
  2. Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Sosial & Politik
  1. Administrasi Negara
  2. Administrasi Bisnis
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Hubungan Internasional
Fakultas Arsitektur & Desain
  1. Arsitektur
  2. Desain Komunikasi Visual
Fakultas Pertanian
  1. Agroteknologi
  2. Agribisnis
Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum
Program Pascasarjana
  1. M. Manajemen
  2. M. Akuntansi
  3. M. Agribisnis
  4. M. Agroteknologi
  5. M. Ilmu Lingkungan
site stats