Progdi Akuntansi Gelar Focus Group Discussion Untuk Standarisasi Kurikulum Akuntasi Sektor Publik

IMG 4672Perkembangan kurikulum akuntansi sektor publik (ASP) sejauh ini masih belum sejalan di masing – masing universitas. Oleh karenanya, Program Studi Akuntansi UPN Veteran Jawa Timur bekerja sama dengan Forum Dosen Akuntansi Sektor Publik (FDASP) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) tentang Kurikulum Akuntansi Keuangan Publik dengan tujuan “Untuk Mewujudkan Dokumen Kurikulum Program Studi Akuntansi Keuangan Publik S dan D4” dengan pembicara Prof. Dr. Hj. Nunuy Nur Afiah, SE, M.Si, AK, CA (Guru Besar Universitas Padjajaran dan Ketua Ikatan Akuntan Indonesia-Kompartemen Akuntan Pendidik / IAI-KAPD), Prof. Indra Bastian, PHd, MBA, AKT, CA, CMA (Guru Besar Universitas Gajah Mada) , Prof. Abdul Halim, M.Si, AKT (Guru Besar Universitas Gajah Mada), Dr. Ihyaul Ulum, M.Si, AK. CA (Universitas Muhammadiyah Malang) Dr. Syukriy Abdullah, SE. M.Si, AK (Universitas Syiah Kuala) Dr. Irwan Taufik Ritonga, PHD (Universitas Gajah Mada) Rahmadi Murwanto, PHD (Direktur Politeknik Keuangan Negara STAN) yang bertempat di Hotel Ibis Style Surabaya (4-5 April).

FGD ini diadakan Karena kebutuhan Indonesia saat ini dimana perumusan pengembangan kurikulum akuntansi untuk pengelolaan keuangan di area publik atau non profit seperti pemerintahan, yayasan, partai politik dan lain – lain.

“kurikulum ini akan kita formulasikan supaya bisa kita rumuskan perkembangannya untuk disesuaikan dalam kebutuhan vokasi D4, S1 dan S2 biar jelas roadmapnya” jelas Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jawa Timur sekaligus Ketua FDASP, Dr. Dra. Indrawati Suhertiana, M.Aks.IMG 4681

Sejauh ini kurikulum akuntansi keuangan publik ini sudah berjalan, namun belum optimal Karena masing – masing perguruan tinggi memiliki kebijakan yang berbeda. Diharapkan dengan adanya FGD ini bisa tercipta standarisasi tentang Kurikulum Akuntansi Keuangan Publik yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan saat ini.

Dalam sambutannya, Rektor UPN Veteran Jawa Timur Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, MP menambahkan pentingnya disusun kurikulum yang baru sesuai dengan perkembangan jaman dan bidang keilmuan. “Begitu cepatnya perubahan peraturan dari sektor publik dan saat ini Indonesia sedang menuju kepada suatu kondisi yang akuntable, sehingga diperlukan tim yang canggih untuk terus mengembangkan kurikulum dalam rangka pengawasan sektor publik”

Dalam acara yang dihadiri oleh anggota Forum Dosen Akuntansi Sektor Publik (FDASP) dan yang terdiri dari 85 perwakilan masing – masing universitas yang tersebar di seluruh Indonesia ini diharapkan dari FGD ini bisa dicapai kesepakan dan kolaborasi bersama untuk membentuk kurikulum dengan standarisasi vokasi D4, S1 dan S2 sebagai dasar kebijakan pemerintah untuk menjadi kurikulum nasional. (nzwn)

Program Studi

Fakultas Ekonomi & Bisnis
  1. Ekonomi Pembangunan
  2. Manajemen
  3. Akuntansi
Fakultas Teknik
  1. Teknik Industri
  2. Teknik Kimia
  3. Teknologi Pangan
  4. Teknik Sipil
  5. Teknik Lingkungan
Fakultas Ilmu Komputer
  1. Teknik Informatika
  2. Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Sosial & Politik
  1. Administrasi Negara
  2. Administrasi Bisnis
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Hubungan Internasional
Fakultas Arsitektur & Desain
  1. Arsitektur
  2. Desain Komunikasi Visual
Fakultas Pertanian
  1. Agroteknologi
  2. Agribisnis
Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum
Program Pascasarjana
  1. M. Manajemen
  2. M. Akuntansi
  3. M. Agribisnis
  4. M. Agroteknologi
  5. M. Ilmu Lingkungan
site stats