Genjot Produktivitas Riset Akademis, Upn Gelar Sosialisasi Program World Class Professor

Senin 27 Maret 2017, bertempat di Ruang Bromo gedung Rektorat UPN “Veteran” Jawa Timur telah berlangsung sosialisasi program World Class Professor yang dibuka langsung oleh Rektor UPN “Veteran” Jawa Timur dan dihadiri oleh para guru besar, doktor dan lektor kepala di lingkungan UPN “Veteran” Jawa Timur. Setelah berhasil menyelenggarakan program Visiting World Class Professor pada 2016 lalu, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti pada 2017 kembali menggelar program sama, tetapi dengan konsep acara agak sedikit berbeda. Program yang dibuka April ini tidak hanya akan menghadirkan Profesor kelas dunia ke Perguruan Tinggi Indonesia. Namun juga diharapkan dapat memberi sumbangsih lebih terhadap produktivitas riset di Perguruan Tinggi.

Program World Class Professor 2017 secara umum bertujuan meningkatkan kinerja Dosen, khususnya produktivitas riset akademis di Perguruan Tinggi, peningkatan publikasi di jurnal bereputasi, peningkatan peringkat Perguruan Tinggi Indonesia menuju QS World University Ranking 500 dunia dan tentunya meningkatkan proses interaksi akademik global antara sesama Dosen baik di dalam maupun di luar negeri. Penyelenggaraan World Class Professor 2017 ini memiliki dua skema, yaitu Skema A dan Skema B. Pengkategorian ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda antar-Perguruan Tinggi. Untuk Skema A ditujukan bagi Perguruan Tinggi berakreditasi A dan telah masuk daftar QS WUR serta mempunyai Pusat Unggulan Indonesia Perguruan Tinggi (PUI PT), sedangkan Skema B diarahkan untuk Perguruan Tinggi lainnya dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK).

IMG 4493   IMG 4496

Skema A ditujukan untuk meningkatkan jumlah publikasi internasional pada jurnal bereputasi bertaraf Q1 SJR-Scimago atau indeks yang berkualitas yang lain, meningkatkan jumlah Doktor lulusan dalam negeri dengan publikasi berkelas minimal Q3 SJR-Scimago atau indeks yang berkualitas lain, meningkatkan reputasi akademik dan sitasi per-Dosen. Selain itu dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dalam meneliti dan menulis publikasi di jurnal berkelas dunia, serta menggali potensi Dosen dan sumber daya di Indonesia untuk kontribusi pengembangan Iptek Indonesia dan global. Sedangkan Skema B ditujukan untuk meningkatkan jumlah publikasi internasional pada jurnal bereputasi, meningkatkan jumlah HaKI, memperluas jejaring internasional, meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dalam meneliti dan menulis publikasi, dan juga tentunya menggali potensi dosen untuk kontribusi pengembangan Iptek Indonesia dan global.


Program ini sendiri dilangsungkan dalam kurun waktu 3 hingga 6 bulan. Selama bertugas di Indonesia, para Profesor kelas dunia tersebut akan melaksanakan fine tuning (perbaikan kualitas) artikel, join publication untuk di submit ke jurnal internasional bereputasi, melaksanakan join supervision bagi mahasiswa S2 dan S3, serta melakukan join research dengan Dosen muda maupun senior,  join study program membantu analisis data bagi mahasiswa S3, melaksanakan program pemagangan penelitian bagi mahasiswa S3 dan Dosen di laboratorium World Class Professor (WCP), membantu PUI-PT, PT dan LPNK membuat proposal untuk memperoleh dana penelitian atau pengembangan proyek pendidikan yang akan diajukan ke pemerintah masing-masing atau ke penyandang dana internasional, membantu set-up global satellite laboratory di PUI-PT dan mencantumkan PUI-PT di situs grup WCP sebagai bagian dari global satellite laboratory.


Dengan banyaknya manfaat yang didapatkan dari program tersebut, Rektor berharap agar program ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan nantinya satu orang yang mengikuti program tersebut dapat menghasilkan karya ilmiah minimal satu, selain itu diharapkan juga akan muncul profesor – profesor baru dari UPN “Veteran” Jawa Timur.(git)

Program Studi

Fakultas Ekonomi & Bisnis
  1. Ekonomi Pembangunan
  2. Manajemen
  3. Akuntansi
Fakultas Teknik
  1. Teknik Industri
  2. Teknik Kimia
  3. Teknologi Pangan
  4. Teknik Sipil
  5. Teknik Lingkungan
Fakultas Ilmu Komputer
  1. Teknik Informatika
  2. Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Sosial & Politik
  1. Administrasi Negara
  2. Administrasi Bisnis
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Hubungan Internasional
Fakultas Arsitektur & Desain
  1. Arsitektur
  2. Desain Komunikasi Visual
Fakultas Pertanian
  1. Agroteknologi
  2. Agribisnis
Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum
Program Pascasarjana
  1. Magister Manajemen
  2. Magister Akuntansi
  3. Magister Manajemen Agribisnis
site stats