Rangkaian Kreatifitas Kekinian dalam Peringatan Hari Kartini 2017

IMG 5449Peringatan Hari Kartini 2017 di UPN Veteran Jawa Timur kali ini sedikit berbeda. Diawali dengan upacara bendera yang dilaksanakan seluruh civitas akademika termasuk mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan. Bertempat di halaman timur Gedung Serbaguna Giriloka Dengan mengenakan busana daerah, para dosen dan tenaga kependidikan dengan khidmat mengikuti upacara bendera, walaupun ada sedikit insiden saat pengibaran bendera namun tidak mengurangi semangat peserta upacara untuk mengikuti rangkaian acara sampai selesai.

Pada amanat upacara, Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, MP menyampaikan bahwa Kartini merupakan simbol kebangkitan perempuan pribumi. “kartini merupakan sosok yang harus dihormati sepanjang sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Dan tentunya emansipasi yang dilahirkan oleh Kartini bisa disesuaikan dengan era modern yang kekinian sehingga tidak ada kesenjangan sosial antar masing – masing gender”.IMG 5297

Selain itu, busana daerah khususnya Jawa Timur yang dikenakan dosen dan tenaga kependidikan dalam upacara peringatan hari kartini 2017 yang mengusung tema “Semangat Kartini Memperkuat Daya Cipta Dan Kreatifitas Perempuan Kekinian” ini merupakan hal yang baru. Menurut Agus Sugianto, salah satu staff rektorat, mengenakan busana daerah dalam upacara ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri. “busana daerah ini merupakan simbol penghargaan akan budaya dan adat yang masih ada hingga sekarang” ujarnya.

Selesai upacara, para peserta upacara langsung masuk dalam Gedung Serbaguna Giriloka untuk mengikuti acara lanjutan yakni unjuk gelar dari berbagai UKM. Masing – masing UKM saling berkolaborasi dan menampilkan karya terbaiknya sepaerti Modern Dance, UKM Musik, Karawitan, Tari Saman, Teater dan Senam Fa Mi Re dari kolaborasi UKM Pramuka dan Resimen Mahasiswa.

IMG 5351Usai upacara para peserta digiring masuk menuju Gedung Serba Guna (GSG) Giri Loka untuk melihat unjuk gelar dari berbagai UKM. Uniknya, perwakilan tiap UKM yang tampil pada saat itu merupakan para mahasiswi. Terdapat beberapa penampilan kolaborasi antar UKM, diantaranya adalah kolaborasi UKM Karawitan, Teater, dan Modern Dance. Kegiatan unjuk gelar UKM tersebut ditutup dengan penampilan Senam Fa Mi Re yang dibawakan oleh anggota Resimen Mahasiswa dan Pramuka.

Usai penampilan dari berbagai UKM tersebut, acara kemudian dilanjutkan dengan Lomba Fashion Show Cak dan Ning. Terdapat penampilan dari 10 pasang perwakilan tenaga dosen dan pendidik serta 9 pasang mahasiswa dari tiap-tiap fakultas. (nzwn)

Program Studi

Fakultas Ekonomi & Bisnis
  1. Ekonomi Pembangunan
  2. Manajemen
  3. Akuntansi
Fakultas Teknik
  1. Teknik Industri
  2. Teknik Kimia
  3. Teknologi Pangan
  4. Teknik Sipil
  5. Teknik Lingkungan
Fakultas Ilmu Komputer
  1. Teknik Informatika
  2. Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Sosial & Politik
  1. Administrasi Negara
  2. Administrasi Bisnis
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Hubungan Internasional
Fakultas Arsitektur & Desain
  1. Arsitektur
  2. Desain Komunikasi Visual
Fakultas Pertanian
  1. Agroteknologi
  2. Agribisnis
Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum
Program Pascasarjana
  1. M. Manajemen
  2. M. Akuntansi
  3. M. Agribisnis
  4. M. Agroteknologi
  5. M. Ilmu Lingkungan
site stats