Pendaftar Panlok 50 Tembus 55 Ribu

IMG 7979Setelah diperpanjang empat hari, pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) resmi ditutup, Selasa (9/5) pukul 16.00. Panitia Lokal (Panlok) 50 Surabaya mencatat, jumlah pendaftar mencapai 55.230 orang. Jumlah lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Panlok 50 Surabaya terdiri atas enam perguruan tinggi negeri (PTN), yakni Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jatim, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA), dan Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Ketua Panlok 50 Surabaya, Yuni Sri Rahayu mengatakan, pendaftar di Panlok 50 mencapai 55.230 pendaftar. Rinciannya, pendaftar sosial humaniora (soshum) 24.095 orang, sains teknologi (saintek) 24.124, dan campuran 6.423 pendaftar. "Itu total pendaftar paper based test (PBT) dan computer based test (CBT) di Panlok 50," kata dia. Untuk CBT, lanjut Yuni, Panlok 50 mendapat kuota 2.175.

IMG 7981Perempuan yang juga menjabat Wakil Rektor I Unesa ini menjelaskan, jumlah pendaftar SBMPTN tahun ini di Panlok 50 melebihi tahun 2015 dan 2016. Tahun 2015 total pendaftar sekitar 47 ribu. Tahun 2016 berjumlah 50.641. "Salah satu analisisnya, karena ada perubahan kuota di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)," jelasnya.

Dengan menurunnya jumlah pendaftar SNMPTN tahun ini, kata Yuni, membuat siswa lari mendaftar ke SBMPTN. "Setelah ini, persiapan kami fokuskan untuk tes SBMPTN. Kami menghimbau agar calon peserta mempertimbangkan waktu dan lokasi,” tuturnya.

Hal ini karena pada 16 Mei ada 55 ribu peserta tes SBMPTN di Surabaya. Bahkan, untuk di luar kota juga pasti ada pendampingnya. Belum lagi, ada pendaftar ulang SNMPTN di 5 PTN di Surabaya sekitar 6.000 calon mahasiswa.

“Pengawas dan penanggung jawab naskah sekitar 6.000 orang juga akan berkeliling disekitar titik lokasi SBMPTN. Jadi harus dipertimbangkan waktunya biar tidak terjebak di jalan dan telat tes,” terangnya.

Sementara itu, Humas Universtas UPN “Veteran” Jatim, Rudijanto menjelaskan, untuk SBMPTN kali ini, UPN menerima 21.483 pendaftar. Dengan 5 jurusan favorit di antaranya, Manajemen, Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Ilmu administrasi dan Teknik informatika. “Kuota kami 932 mahasiswa baru, jadi jurusan-jurusan itu juga memiliki keketatan yang tinggi,” jelasnya.

Koordinator pelaksanaan tes SBMPTN berbasis kertas, Danang Tandyonomanu mengungkapkan telah mulai melakukan pembinaan pada calon pengawas dan penanggung jawab ruangan. Sampai pukul 15.00 WIB, Selasa (9/5). Dikatakannya, pengawas yang sudah terjaring untuk persiapan naskah hingga pengawasan ada 5.172.

“Pengawas ini mulai dosen hingga tenaga sekolah yang dijadikan tempat ujian. Unsur kepercayaan ujian tulis nanti kami serahkan pada penanggung jawab ruangan,“ jelas pria yang juga Kaprodi Ilmu Komunikasi Unesa ini.“Jumlah ruangan yang dibutuhkan tahun ini 2.033 ruangan untuk ujian tulis,”tambahnya. (sumber : http://www.beritametro.news/epaper/surabaya/pendaftar-panlok-50-tembus-55-ribu)

Program Studi

Fakultas Ekonomi & Bisnis
  1. Ekonomi Pembangunan
  2. Manajemen
  3. Akuntansi
Fakultas Teknik
  1. Teknik Industri
  2. Teknik Kimia
  3. Teknologi Pangan
  4. Teknik Sipil
  5. Teknik Lingkungan
Fakultas Ilmu Komputer
  1. Teknik Informatika
  2. Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Sosial & Politik
  1. Administrasi Negara
  2. Administrasi Bisnis
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Hubungan Internasional
Fakultas Arsitektur & Desain
  1. Arsitektur
  2. Desain Komunikasi Visual
Fakultas Pertanian
  1. Agroteknologi
  2. Agribisnis
Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum
Program Pascasarjana
  1. Magister Manajemen
  2. Magister Akuntansi
  3. Magister Manajemen Agribisnis
site stats