UPN Adakan Training of Trainer Asisten Pelatih Outbound Bela Negara Untuk Dukung Proses Praktikum Mata Kuliah Bela Negara

penutupanDalam rangka penambahan jumlah asisten pelatih outbound bela negara, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur mengadakan Training of Trainer (TOT) Asisten Pelatih Outbound Bela Negara pada Jumat (14/7) hingga Senin (17/7). Kegiatan ini dibuka secara simbolis dalam apel pagi rutin, Jumat (14/7) di Lapangan Rektorat UPN “Veteran” Jawa Timur.

Selain untuk mencetak dan melengkapi asisten pelatih outbound bela negara guna mendukung proses praktikum mata kuliah bela negara, kegiatan yang berada di bawah naungan  Lembaga  Pengembangan Pembelajaran  dan  Penjaminan Mutu (LP3M) ini juga bertujuan untuk mewujudkan asisten pelatih outbound bela negara dengan kemampuan awal bela negara yang memiliki integritas, disiplin, berani, pantang menyerah dan mempunyai jiwa kerja sama.

Peserta TOT Asisten Pelatih Outbound Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur Tahun 2017 terdiri dari 35 mahasiswa yang berasal dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), yakni 28 (dua puluh delapan) mahasiswa dari UKM Resimen Mahasiswa (Menwa), 5 (lima) mahasiswa dari UKM Pramuka, dan 2 (dua) mahasiswa dari UKM Mahasiswa Pecinta Alam (Mahapala). Diambilnya Asisten Pelatih dari Menwa, Pramuka, dan Mahapala dikarenakan ketiganya merupakan UKM yang kegiatannya berbasis bela negara.praktek pertolongan pertama

Pelaksanaan TOT kali ini terdiri dari penyampaian materi dan praktik lapangan yang terkait   dengan Bela Negara. “Untuk pemateri diambil dari dalam UPN sendiri dan alumni yang masih tetap berkontribusi untuk UPN,” tutur Dra. Sri Wibawani, Msi, Ketua Pelaksana TOT.  Materi yang disampaikan di antaranya adalah Kepemimpinan, Wawasan Kebangsaan, Pengetahuan Bela Negara, Pedoman Prilaku Mahasiswa, Pengetahuan Outbound dan Alat, Pertolongan Pertama Lapangan, Penguasaan dan Pengendalian Diri, Penggerak Massa, Manajemen Konflik, Cara Memberikan Instruksi, Peraturan Baris Berbaris, dan Dasar-dasar Kepelatihan.

Rektor UPN “Veteran” Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, MP berharap dengan bertambahnya asisten pelatih, proses pendidikan bela negara di UPN “Veteran” Jawa Timur akan berjalan lebih mudah. “Makin banyak peserta yang ikut TOT, berarti makin baik karena berarti makin banyak mahasiswa yang dapat menjadi asisten pelatih dan memahami Bela Negara,” pungkasnya. (pers-upn.com)

Program Studi

Fakultas Ekonomi & Bisnis
  1. Ekonomi Pembangunan
  2. Manajemen
  3. Akuntansi
Fakultas Teknik
  1. Teknik Industri
  2. Teknik Kimia
  3. Teknologi Pangan
  4. Teknik Sipil
  5. Teknik Lingkungan
Fakultas Ilmu Komputer
  1. Teknik Informatika
  2. Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Sosial & Politik
  1. Administrasi Negara
  2. Administrasi Bisnis
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Hubungan Internasional
Fakultas Arsitektur & Desain
  1. Arsitektur
  2. Desain Komunikasi Visual
Fakultas Pertanian
  1. Agroteknologi
  2. Agribisnis
Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum
Program Pascasarjana
  1. M. Manajemen
  2. M. Akuntansi
  3. M. Agribisnis
  4. M. Agroteknologi
  5. M. Ilmu Lingkungan
site stats