Mahasiswa UPN dan BEM se-jawa timur siap lawan narkoba

Optimized-P4GN 1UPN “Veteran” Jawa Timur mengadakan sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di gedung serba guna Giri Loka kampus UPN “Veteran” Jawa Timur pada hari Selasa 8 Agustus 2017. Acara sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) ini hadir sebagai narasumber Ketua BNN Komjen (Pol). Drs. Budi Waseso, SH dan didampingi oleh Prof. Dr. Ir. H. Teguh Soedarto, MP, Rektor UPN Jatim.

Dengan mengangkat tema “Generasi Muda Sehat, Berprestasi Dengan Jauhi Narkoba dan Cegah Bahayanya” diharapkan kegiatan ini dapat memotivasi para generasi muda agar tumbuh mempunyai karakter kebangsaan, berjiwa tangguh sehat fisik serta terbebas dari narkoba, yang kemudian dapat juga membantu pemerintah dalam usaha memerangi narkoba dan mencegah bahayanya. Selain itu diadakan juga deklarasi anti narkoba oleh mahasiswa PTN dan PTS Jawa Timur yang dihadiri oleh perwakilan BEM se Jawa Timur, dan para Rektor PTN dan PTS se Jawa Timur.

Tanggung jawab penanggulangan bahaya dan peredaran gelap narkoba bukan menjadi tugas pemerintah saja, tapi kewajiban seluruh warga masyarakat Indonesia, baik secara kelompok maupun individu. Dengan rasa penuh tanggung jawab berdasarkan pengabdian serta didorong oleh keinginan luhur, UPN “Veteran” Jawa Timur, Bertekad dan bergerak untuk ikut serta dalam bentuk edukasi kepada masyarakat, khususnya generasi muda agar tidak terpengaruh penyalagunaan dan peredaran gelap narkoba.

Kegiatan yang juga diikuti oleh 2.650 mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 UPN Veteran Jawa Timur. Di hadapan mahasiswa dan para rektor, Budi Waseso mengingatkan akan bahaya yang ditimbulkan akibat dampak menggunakan narkoba.

Kepala BNN meminta mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa tidak coba coba mendekati narkoba. Selain melanggar hukum, dampak menggunakan narkoba sangat buruk bagi kesehatan fisik dan mental.Ribuan mahasiswa yang duduk rapi berpakaian putih hitam itu dengan serius mendengarkan paparan dari jenderal polisi bintang tiga tersebut.

“mahasiswa merupakan sasaran empuk dari para bandar, kenapa demikian, karena mahasiswa jika tidak dibekali oleh mental dan pengetahuan yang kuat tentang narkoba, maka akan sangat rentan untuk dicekoki oleh para bandar. Makanya penguatan dalam diri sendiri dan lingkungan harus bisa mencegah hal tersebut” tegas pria yang kerap disapa Buwas ini.

Ditambahkan rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof.Dr. Ir. H. Teguh Soedarto, MP pihaknya sangat mendukung upaya dari BNN untuk pencegahan penggunaan narkoba di kalangan mahasiswa.

"Kami melakukan langkah nyata dengan menginspirasi kalangan akademisi. Kami himbahu kepada mahasiswa untuk tidak dekat dengan narkoba. Diantaranya kami telah memasang pesan melalui billboard di depan pintu masuk kampus sehingga mahasiswa akan bisa melihat dan membacanya setiap hari," jelasnya.

Deklarasi Anti Narkoba Oleh BEM Perguruan Tinggi Se – Jawa Timur

Optimized-IMG 2313Setelah acara sosialisasi tersebut, perwakilan BEM perguruan tinggi se-Jawa Timur mendeklarasikan sikap untuk lawan peredaran narkoba di lingkungan kampus. Deklarasi tersebut antara lain berisi Menjunjung Tinggi Pancasila dan UUD 1945 demi Keutuhan dan Kedaulatan NKRI, Mencegah dan Memberantas Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba, Mendukung Penuh Badan Narkotika Nasional dalam Pemberantasan Narkoba di Indonesia, Menyelamatkan Generasi Penerus Bangsa Melalui Gerakan Anti Narkoba dan Mewujudkan Terciptanya Kampus Bersih Narkoba.

Rektor UPN Jatim Prof Teguh Soedarso usai deklarasi mengatakan pihak kampus akan berperan aktif dalam pencegahan narkoba dengan mengadakan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada mahasiswa dan masyarakat. Dia berharap dengan deklarasi itu menjadi model untuk mahasis waseluruh Indonesia.

"Andaikata semua provinsi melakukan seperti ini maka akan bergema lah kegiatan antinarkoba yang diawali dengan mahasiswa karena tulang punggung ada di mahasiswa, pemikiran-pemikiran ada di mahasiswa, mudah-mudahan langsung berhadapan dengan narkoba dan langsung memberantasnya," kata dia.

Kepala BNN Komjen Budi Waseso mengapresiasi deklarasi yang dilakukan BEM se-Jatim dan 2.650 mahasiswa baru UPN itu. Menurutnya generasi muda saat ini menjadi sasaran utama dari bandar-bandar narkoba.

"Tujuannya adalah menghancurkan generasi bangsa yang akhirnya akan berpengaruh terhadap Indonesia," tutur Budi Waseso.

Untuk itu dirinya mendukung gerakan seperti ini dan berharap daerah lain mengikuti langkah yang dilakukan UPN Jatim berserta mahasiswa barunya dan BEM se-Jatim.

Sementara itu, maba UPN yang mendapat paparan terkait bahaya narkoba ini mengakui mendapat wawasan baru terkait barang haram tersebut. "Pemaparan terkait narkoba ini menambah pengetahuan kami para mahasiswa baru bertambah. Saya kira kegiatan semacam ini sangat baik dan bermanfaat," kata Putri, salah satu maba UPN Veteran Jawa Timur.

Program Studi

Fakultas Ekonomi & Bisnis
  1. Ekonomi Pembangunan
  2. Manajemen
  3. Akuntansi
Fakultas Teknik
  1. Teknik Industri
  2. Teknik Kimia
  3. Teknologi Pangan
  4. Teknik Sipil
  5. Teknik Lingkungan
Fakultas Ilmu Komputer
  1. Teknik Informatika
  2. Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Sosial & Politik
  1. Administrasi Negara
  2. Administrasi Bisnis
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Hubungan Internasional
Fakultas Arsitektur & Desain
  1. Arsitektur
  2. Desain Komunikasi Visual
Fakultas Pertanian
  1. Agroteknologi
  2. Agribisnis
Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum
Program Pascasarjana
  1. M. Manajemen
  2. M. Akuntansi
  3. M. Agribisnis
  4. M. Agroteknologi
  5. M. Ilmu Lingkungan
site stats