Mahasiswa Baru UPN Veteran Jatim Ikuti Ceramah Umum Revolusi Mental Bela Negara dan Anti Narkoba

IMG 1504Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo harus bisa diimplementasikan oleh setiap warga negara. Hal ini yang dikenalkan oleh UPN Veteran Jawa Timur pada mahasiswa baru tahun akademik 2017 – 2018. Setelah mengikuti upacara peringatan hari pramuka ke 56 (14/8), mahasiswa baru memasuki Gedung Serbaguna Giriloka untuk mengikuti Ceramah Umum Bela Negara “Revolusi Mental dalam Membangun Karakter Bela Negara” oleh Ir. Bennyta Suryo Septanto, MT (Kepala Pusat Diklat Teknis Fungsional Pertahanan Kementerian Pertahanan).
Dalam ceramah yang diikuti 2570 mahasiswa, Ir. Bennyta Suryo Septanto, MT menyampaikan revolusi mental merupakan gerakan nasional untuk merubah cara pandang, pola pikir, sikap, nilai-nilai, dan perilaku bangsa Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.
“seperti yang disampaikan Presiden Soekarno, Gerakan Revolusi Mental adalah satu gerakan untuk mengembleng manusia Indonesia ini menjadi manusia baru, yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, berjiwa api yang menyala-nyala”
Revolusi mental ini bisa diwujudkan dengan integritas, etos kerja dan gotong – royong.  Integritas dapat diartikan sebagai kesesuaian antara apa yang dikatakan dengan apa yang diperbuat, berkata dan berlaku jujur, dapat dipercaya, berpegang teguh dengan prinsip-prinsip kebenaran, moral dan etika. Etos Kerja dapat diartikan sebagai sebuah sikap yang berorientasi pada hasil yang terbaik, semangat tinggi dalam bersaing,  optimis, dan selalu mencari cara-cara yang produktif dan inovatif dan Gotong Royong dapat di artikan sebagai sebuah keyakinan mengenai pentingnya melakukan kegiatan secara bersama-sama dan bersifat sukarela supaya kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan cepat, efekfif, dan efisien.
Selain ketiga aspek revolusi mental tersebut, mahasiswa juga harus bisa menanamkan dalam diri masing – masing yaitu nilai – nilai bela negara yang terdiri dari Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernagara, Yakin Pancasila Sebagai Ideologi Negara, Rela Berkorban Untuk Bangsa dan Negara dan Memiliki Kemampuan Awal Bela Negara
“Mahasiswa sebagai Kader Bela Negara diharapkan mampu menyebarkan bela negara kepada masyarakat sekitar, agar implementasi kegiatan nasional bela negara sebagai wujud Revolusi Mental” tutupnya.
Mahasiswa Baru UPN Veteran Jawa Timur Siap Perangi Narkoba di Lingkungan Kampus.
IMG 3697Sementara itu, selain ceramah umum bela negara, mahasiswa juga menerima ceramah umum anti narkoba oleh Dra. Arie S. Tyawati, MM (Ketua Gerakan Anti Narkoba Jawa Timur) yang memberikan pengetahuan umum tentang bentuk pencegahan dan perlawanan terhadap narkoba.
Ceramah anti narkoba yang berlangsung secara interaktif ini menjelaskan tentang bentuk – bentuk dan jenis narkoba yang saat ini sudah beredar di Indonesia sekaligus  situasi peredaran narkoba di Indonesia.
“di usia mahasiswa ini merupakan usia yang rawan untuk mereka mencoba hal – hal yang baru termasuk narkoba. Karena itu kami menjelaskan bagaimana bentuknya, peredarannya, resiko dan efek didalam tubuh serta pencegahannya sehingga nantinya mahasiswa bisa self defence untuk tidak mencoba dan bisa memerangi narkoba” jelas Arie.
Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, MP menambahkan UPN Veteran Jawa Timur telah mendeklarasikan diri sebagai Kampus Bersih Narkoba bersama perwakilan BEM di Jawa Timur di hadapan Ketua Badan Narkotika Nasional pada 8 Agustus lalu. “pihak kampus akan berperan aktif dalam pencegahan narkoba dengan mengadakan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada mahasiswa dan masyarakat, salah satu caranya adalah kegiatan ceramah umum anti narkoba pada mahasiswa baru ini.” (niz)

Program Studi

Fakultas Ekonomi & Bisnis
  1. Ekonomi Pembangunan
  2. Manajemen
  3. Akuntansi
Fakultas Teknik
  1. Teknik Industri
  2. Teknik Kimia
  3. Teknologi Pangan
  4. Teknik Sipil
  5. Teknik Lingkungan
Fakultas Ilmu Komputer
  1. Teknik Informatika
  2. Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Sosial & Politik
  1. Administrasi Negara
  2. Administrasi Bisnis
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Hubungan Internasional
Fakultas Arsitektur & Desain
  1. Arsitektur
  2. Desain Komunikasi Visual
Fakultas Pertanian
  1. Agroteknologi
  2. Agribisnis
Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum
Program Pascasarjana
  1. M. Manajemen
  2. M. Akuntansi
  3. M. Agribisnis
  4. M. Agroteknologi
  5. M. Ilmu Lingkungan
site stats