UPN Jatim Peringati Hari Pramuka ke 56 Bersamaan dengan Pembukaan Pekan Mahasiswa Baru

IMG 1172Peringatan Hari Pramuka di UPN Veteran Jawa Timur tahun ini berlangsung secara khidmat dan meriah. Diawali dengan upacara yang diikuti oleh 2570 mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 di halaman timur gedung serbaguna Giriloka pada 14 Agustus 2017.Upacara yang dipimpin langsung oleh Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, MP ini mengangkat tema “Usung Bekerja untuk Kaum Muda, Mewariskan yang Terbaik Bagi Bangsa.”. secara tertib mahasiswa baru ini pun mengikuti bagian demi bagian upacara dengan baik.

Dalam amanat upacara, rektor menyampaikan filosofi peringatan hari pramuka ke 56 dimana Angka 56 berbentuk pita dan berwarna-warni melambangkan fleksibilitas, keluwesan, modern, dan dinamis. Empat warna itu maknanya ialah: hijau melambangkan pertumbuhan, pembaruan dan keseimbangan jiwa-jiwa tunas muda Pramuka; merah melambangkan semangat muda Pramuka yang berani, matang dan tegas; kuning melambangkan Pramuka yang riang gembira, optimis, energik dan kreatif; coklat melambangkan Pramuka yang penuh percaya diri, sederhana dan kuat; serta hitam menegaskan kekokohan, elegan, dan tangguh. “Dengan peringatan Pramuka ke-56, semoga terwujud bangsa yang berkarakter juga bermartabat, Pramuka adalah mengajarkan akan kebersamaan, kedisiplinan, kemandirian, berjiwa korsa juga semangat akan pantang menyerah” jelasnya.

Rektor pun menambahkan kegiatan pramuka ini juga merupakan salah satu perwujudan Bela Negara di lingkungan kampus. Kegiatan pramuka sarat dengan materi kognitif dan implementatif yang sangat mendukung program bela negara dan cinta tanah air. “Dari kegiatan kepramukaan ini kita bisa menerapkan unsur dan nilai Bela Negara seperti cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, meyakini Pancasila sebagai ideologi bangsa, rela berkorban bagi bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.

Sementara itu, setelah amanat Pembina upacara dan pembukaan pekan mahasiswa baru, dilanjutkan dengan atraksi Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka yang menyajikan simulasi penyelamatan korban kebakaran dan juga senam gemu famire.

Pembukaan Pekan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017/2018

14 Agustus 2017 ini juga merupakan hari pembukaan Pekan Mahasiswa Baru. Sebelumnya mahasiswa baru yang tersaring melalui 3 jalur yakni SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri ini mengikuti technical meeting di masing – masing fakultas pada 10 – 11 agustus. Setelah itu mereka mengikuti upacara pembukaan Pekan Mahasiswa Baru di halaman timur Gedung Serbaguna Giriloka.

Sebanyak 2570 mahasiswa yang terdiri dari 730 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 285 mahasiswa Fakultas Pertanian, 560 Mahasiswa Fakultas Teknik, 523 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 179 mahasiswa Fakultas Hukum, 129 mahasiswa Fakultas Arsitektur dan Desain dan 165 mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer.

Pembukaan Pekan Mahasiswa Baru atau Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2017/2018 ini diawali pemukulan gong oleh Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, MP.IMG 1210

“PKKMB ini merupakan kegiatan awal bagi mahasiswa baru untuk mengenal dan beradaptasi dalam kehidupan kampus dan menjadi salah satu sarana sehingga nantinya mahasiswa baru bisa mengatur kehidupan kampus mereka sendiri”

Pelaksanaan PKKMB ini sendiri dilaksanakan selama 6 hari, dimulai pada tanggal 14 hingga 19 Agustus 2017 pukul 07.00 sampai 17.00 WIB dimana di setiap harinya mahasiswa baru menerima banyak materi yang terdiri dari Materi Universitas yaitu Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 56, Ceramah Umum Bela Negara dan Anti Narkoba, Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 72, Senam bersama dan Lomba (PBB, Paduan Suara Mars UPN ”Veteran” dan Bela Negara, Yel-yel Semangat Bela Negara) dan Rapat Senat Terbuka Peresmian Mahasiswa Baru Tahun 2017/1018.

Kemudian materi Fakultas/ Program Studi yaitu Pengenalan Visi dan Misi Fakultas dan Program Studi, Sistem Layanan Akademik dan Administrasi Mahasiswa, Pengembangan Diri dan Peluang Pengembangan Karir, Pengembangan Aktivitas Kemahasiswaan (Penalaran dan Keilmuan), Pengenalan Organisasi Mahasiswa di tingkat Fakultas / Program Studi, Membangun kesadaran pentingnya ikut serta dalam Organisasi Kemahasiswaan dan Menjalin Sinergi antara Mahasiswa dan Alumni. Tidak lupa juga Materi Soft Skill seperri kegiatan Outbond Bela Negara untuk mendorong mahasiswa baru bisa berperan aktif dalam mengembangkan potensi dalam diri masing – masing mahasiswa baru.

Ketua Pelaksana PKKMB, Dr. Eko Purwanto, SE, MSi berharap mahasiswa baru bisa beradaptasi di lingkungan barunya dan menyerap setiap materi yang diberikan sehingga bisa menjadikan mahasiswa yang unggul dan nantinya bisa menjadi pionir pembangunan bangsa. (niz)

Program Studi

Fakultas Ekonomi & Bisnis
  1. Ekonomi Pembangunan
  2. Manajemen
  3. Akuntansi
Fakultas Teknik
  1. Teknik Industri
  2. Teknik Kimia
  3. Teknologi Pangan
  4. Teknik Sipil
  5. Teknik Lingkungan
Fakultas Ilmu Komputer
  1. Teknik Informatika
  2. Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Sosial & Politik
  1. Administrasi Negara
  2. Administrasi Bisnis
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Hubungan Internasional
Fakultas Arsitektur & Desain
  1. Arsitektur
  2. Desain Komunikasi Visual
Fakultas Pertanian
  1. Agroteknologi
  2. Agribisnis
Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum
Program Pascasarjana
  1. M. Manajemen
  2. M. Akuntansi
  3. M. Agribisnis
  4. M. Agroteknologi
  5. M. Ilmu Lingkungan
site stats