UPN Jatim Kirimkan Tiga Tim Untuk PIMNAS 30

IMG 2476  IMG 2488  IMG 2541 

Dalam Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS 30) di Makassar tahun ini, UPN Veteran Jawa Timur mengirimkan tiga tim yang akan berjuang mempresentasikan poster dan penelitiannya dihadapan para juri. Penelitian mereka yaitu “Pengolahan Biji Saga Menjadi Susu Nabati Berprotein Tinggi” di PKM Kewirausahaan (PKM-K) oleh Septi Ulfiana, Yuan Nur R, Siska Dwi L, M. Afwan dan M. Ariyanto dengan dosen pembimbing Dr. Ir. Pangesti Nugrahani, M.Si. Di PKM Penelitian (PKM-P) ada “Pemanfaatan Umbi Udara (Air Potato) Untuk Pembuatan Ecobidara (Edible Coating Umbi Udara) oleh Agung Prasetyo, Aprilisya Lee, Ardilini D.A, Bulan Yumna I, dan Dindi Mega P dengan dosen pembimbing Dr. Ir. Sri Winarti, MP. Di PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) ada penelitian dari Vefi Maryani, Fifi Rosyidah, Yesi Mustika Ningsih, Nurul Fadilla dan Rizky Putri Ashariyanti dan dosen pembimbing Ir. Effi Damaijati, MS dengan judul “Njamoerpreneurship – Pelatihan Kewirausahaan Wanita Tani Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga di Desa Wonosari, Sine, Ngawi”.
Tiga tim yang mempresentasikan penelitiannya di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-30 yang diadakan Universitas Muslim Indonesia ini bersaing dengan  420 Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bertarung perebutkan medali-medali pada PIMNAS 2017 ini. 420 tim tersebut merupakan tim yang diusung oleh 89 Perguruan Tinggi (PT) di seluruh Indonesia.
Wakil Rektor III UPN Veteran Jatim, Ir. Mu’tasim Billah, MS menjelaskan tiga tim yang lolos di PIMNAS 30 ini merupakan mahasiswa – mahasiswa yang dipilih langsung oleh Kemenristekdikti berdasarkan seleksi yang ketat. “Setidaknya 63.200 proposal judul yang masuk, akan mengikuti seleksi pada tahap pertama, dan yang lolos hanya 42.000 proposal. Selanjutnya tahap II sebanyak 3.200 proposal berhasil lolos, dan pada seleksi terakhir 420 proposal akan dinyatakan lolos” jelasnya.
Selain tim mempresentasikan masing-masing karya mereka, juga akan memamerkan karya mereka dalam bentuk poster di sepanjang koridor UMI. Salah satu anggota tim, M. Ariyanto mengatakan akan berjuang keras agar bisa mengharumkan nama UPN Veteran Jawa Timur di ajang PIMNAS 30 ini. “yang penting adalah usahanya, jika nantinya kami berhasil menang, itu adalah hasil akhir tetapi kami akan berusaha sekuat tenaga untuk bisa memberikan yang terbaik dalam PIMNAS 30 ini” ujar mahasiswa Program Studi Agroteknologi angkatan 2016.
Sementara itu, PIMNAS 30 ini juga menjadi ajang silaturahmi mahasiswa – mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. “kami jadi bisa saling sharing ilmu dan kreatifitas dengan mahasiswa – mahasiswa lain agar bisa upgrade pengetahuan dan keilmuan kita” tutup Fifi Rosyidah, salah satu tim Njamoerpreneurship. (niz)

Program Studi

Fakultas Ekonomi & Bisnis
  1. Ekonomi Pembangunan
  2. Manajemen
  3. Akuntansi
Fakultas Teknik
  1. Teknik Industri
  2. Teknik Kimia
  3. Teknologi Pangan
  4. Teknik Sipil
  5. Teknik Lingkungan
Fakultas Ilmu Komputer
  1. Teknik Informatika
  2. Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Sosial & Politik
  1. Administrasi Negara
  2. Administrasi Bisnis
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Hubungan Internasional
Fakultas Arsitektur & Desain
  1. Arsitektur
  2. Desain Komunikasi Visual
Fakultas Pertanian
  1. Agroteknologi
  2. Agribisnis
Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum
Program Pascasarjana
  1. M. Manajemen
  2. M. Akuntansi
  3. M. Agribisnis
  4. M. Agroteknologi
  5. M. Ilmu Lingkungan
site stats