Mahasiswa Peserta PIMNAS 30 Deklarasikan Anti Plagiarisme

IMG 9599-700x385Kemudian pada penutupan PIMNAS 30, Mahasiswa dari 89 kampus se-Indonesia mendeklarasikan anti-plagiarisme di dunia akademik dan pembuatan karya ilmiah, dalam penutupan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-30 di kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar, Sabtu malam (26/8/2017).
Dalam deklarasi tersebut, para mahasiswa mengikrarkan agar kampus perguruan tinggi di Indonesia, bersama pemerintah berbenah diri, mewujudkan iklim akademik anti-plagiarisme. Para mahasiswa juga berharap cita-cita dalam deklarasi ini diwujudkan oleh para mahasiswa, pendidik dan peneliti se-Indonesia. Perlu diketahui, dunia akademik di kampus dirundung keresahan dengan aksi plagiat karya ilmiah di tengah kemudahan mengakses teknologi internet. Beberapa kasus plagiat yang terjadi di kampus di Indonesia memaksa oknum pendidik pelaku plagiat mengundurkan diri dan harus rela menerima risiko kariernya hancur.
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, mengatakan PIMNAS ke-30 UMI, bukan perlombaan semata tetapi merupakan komitmen bangsa, negara dan kampus bahwa Indonesia harus lebih baik maju, modern dan mandiri kedepan.
“Mereka adalah orang-orang yang siap menjawab tantangan bangsa. Saya sebelumnya mengucapkan terima kasih karena memilih Sulsel dan UMI, karena ini adalah pilihan yang terbaik,” ucapnya.
PIMNAS ke-30 di kampus UMI diikuti 1.848 mahasiswa dari 89 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia. Dalam kompetisi PIMNAS terbagi 7 bidang lomba yaitu PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), Untuk PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Teknologi (PKM-T), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH).19205172-dea2-403a-b775-a9f2586f5e74 43
Dalam gelaran PIMNAS ini kampus Universitas Brawijaya (UB) Malang berhasil menjadi juara umum, dalam kategori lomba poster berhasil membawa pulang 3 emas, 3 perak, 4 perunggu, dan 1 juara favorit. sedangkan untuk kategori presentasi, UB berhasil membawa pulang 5 emas 1 perak 4 perunggu dan 2 juara favorit. Total, UB berhasil membawa pulang medali 8 emas, 4 perak, dan 8 perunggu.
Walaupun dalam kesempatan tahun ini UPN Veteran Jawa Timur belum berhasil merebut medali, Agung Prasetyo, salah satu mahasiswa tim perwakilan UPN mengatakan dirinya bangga bisa mewakili UPN untuk bersaing dengan mahasiswa – mahasiswa di seluruh Indonesia. “kesempatan mengikuti PIMNAS ini merupakan kesempatan yang sangat langka, walaupun kami belum berhasil, kami merasa bangga bisa membawa nama UPN Jatim sampai sejauh ini” ujarnya.
Wakil Rektor III UPN Veteran Jatim, Ir. Mu’tasim Billah, MS berharap tim perwakilan di ajang PIMNAS 30 bisa melecut semangat mahasiswa – mahasiswa lain di UPN Veteran Jawa Timur. “saya berharap mahasiswa – mahasiswa inilah yang akan menjadi virus dan menceritakan pengalamannya kepada mahasiswa lain yang ada di UPN sehingga tahun depan dan tahun – tahun berikutnya UPN Jatim bisa mengirimkan lebih banyak tim perwakilan dan bisa merebut medali dan mengarumkan nama UPN di PIMNAS selanjutnya” tutupnya. (niz/git)

Program Studi

Fakultas Ekonomi & Bisnis
  1. Ekonomi Pembangunan
  2. Manajemen
  3. Akuntansi
Fakultas Teknik
  1. Teknik Industri
  2. Teknik Kimia
  3. Teknologi Pangan
  4. Teknik Sipil
  5. Teknik Lingkungan
Fakultas Ilmu Komputer
  1. Teknik Informatika
  2. Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Sosial & Politik
  1. Administrasi Negara
  2. Administrasi Bisnis
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Hubungan Internasional
Fakultas Arsitektur & Desain
  1. Arsitektur
  2. Desain Komunikasi Visual
Fakultas Pertanian
  1. Agroteknologi
  2. Agribisnis
Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum
Program Pascasarjana
  1. M. Manajemen
  2. M. Akuntansi
  3. M. Agribisnis
  4. M. Agroteknologi
  5. M. Ilmu Lingkungan
site stats