Articles

UPN Pecahkan Rekor MURI, 6000 Civitas Padati TMP

muri 1Civitas Akademika UPN “Veteran” Jawa Timur yang terdiri dari mahasiswa ,dosen dan karyawan sangat antusias menyambut hari belanegara.

Taman Makam Pahlawan, di Jl. Mayjen Sungkono Surabaya yang biasanya berwarna putih kali ini mendadak hijau. Sebanyak 6000 lebih civitas akademika yang memakai almamater UPN memadati TMP, Kamis 18 Desember.

Kegiatan ziarah ke TMP ini secara rutin telah dilakukan selama dua tahun ini dalam rangka memperingati hari belanegara yang jatuh pada 19 Desember. Kali ini ada yang berbeda, peringatan tersebut memecahkan rekor Muri Kegiatan ziarah ke TMP Pahlawan tersebut mendapat penghargaan oleh museum rekor Indonesia (MURI) sebagai penyelenggara tabur bunga dengan peserta terbanyak, yaitu sekitar 6000 mahasiswa dan 600 dosen serta karyawan dan juga diikuti oleh para veteran. 

Paulus Pangka Manajer MURI mengatakan, UPN “Veteran” Jawa Timur telah sukses memcahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh St. Paulus Solo sebagai penyelenggara tabor bunga terbanyak. Dia juga mengapresisasi UPN “Veteran” Jawa Timur yang menanamkan jiwa nasionalisme kepada mahasiswa. “Saya bangga kepada mahasiswa yang berpartisipasi aktif dalam pemecahan rekor MURI ini , dan jumlahnya sangat besar dibanding yang pernah diselenggarakan sebelumnya,” pungkas Paulus saat memberikan sertifikat MURI kepada Rektor. Untuk diketahui kegiatan serupa yang dilakukan St. Paulus Solo hanya diikuti oleh 840 peziarah.

muriSemenatara itu Rektor UPN “Veteran” Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto menjelaskan kegiatan ini sebagai refleksi UPN “Veteran” Jawa Timur sebagai kampus belanegara dalam menyemarakkan momen Hari belanegara yang jatuhsetiap 19 Desember. Kegiatan yang berisi dengan tabur bunga dan doa bersama itu bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur memperjuangkan kemerdekaan, maupun mempertahankan Negara KesatuanRepublik Indonesia (NKRI).

"Ini merupakan bagian dari pada penghormatan mahasiswa kepada para Pahlawan yang sudah menghadiahkan kemerdekaan kepada kita, Tugas kita sekarang bagaimana mengisi kemerdekaan," ungkap Rektor.

Rektor juga menjelaskan kegiatan tersebut juga ditujukan untuk memupuk rasa nasionalisme mahasiswa. Mereka diharapkan bisa merasakan atmosfir perjuangan yang dilakukan para pahlawan ketika mereka berkunjung langsung didepan makam para pahlawan.“Ini sebagai bentuk persiapan kita membentuk mahasiswa pionir pembangunan,” tegasnya.

Disamping kegiatan ziarah kemakam pahlawan, berbagai kegiatan juga dilakukanUPN “Veteran” Jawa Timur dalam menyemarakkan hari belanegara. Diantaranya dengan mengadakan lomba PBB mahasiswa dan juga Round Table Discussion yang bertema implementasi belanegara dalam pembentukan karakter. Rektor menegaskan kegiatan – kegiatan tersebut sebagai refleksi UPN “Veteran” Jawa Timur sebagai kampus Belanegara. “Apalagi UPN “Veteran” Jawa Timur adalah tuan rumah pusat peringatan Hari Belanegara nasional yang tahun ini dilaksanakan di duatempat, yaitu di Monas Jakarta danUPN “Veteran” Jawa Timur di Surabaya,” jelasnya.(med)

 

Inactive Module

You should publish modules to the "inactive" position and set the Menus to "All", for them to show up on pages where there is no active menu ID. This is a bug/feature of Joomla that causes only menu items in the "All" setting to show up.