Articles

BPM Gelar Audit Internal untuk 22 Program Studi

   Untuk menjaga kualitas sebagai Perguruan Tinggi Negeri, UPN Veteran Jawa Timur rutin melaksanakan AMAI (Audit Mutu Akademik Internal) dalam setiap semester. Audit internal yang diselenggarakan oleh Badan Penjaminan Mutu (BPM) UPN Veteran Jawa Timur ini dilakukan bulan maret ini untuk 22 program studi.

   AMAI ini merupakan bagian dari program kegiatan BPM UPN Jatim untuk menjaga, memelihara dan mengawal mutu di setiap program studi dan fakultas. Dimana audit internal ini sebagai prasyarat sebelum audit eksternal yang dilakukan oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi) saat melakukan akreditasi maupun re-akreditasi.

   Kegiatan yang dilaksanakan sejak 2006 dalam setiap semester ini bertujuan untuk membantu program studi dan fakultas untuk melakukan perbaikan dan pengembangan untuk mempertahankan prestasi akademik dan akreditasinya. "BPM sebagai partner dan pendampingan untuk masing - masing program studi untuk meraih target sasaran, rencana dan pencapaiannya, jika dalam pelaksanaannya terdapat temuan yang tidak sesuai, maka kita akan rekomendasi untuk diperbaiki sehingga nantinya saat ada audit eksternal yang dilakukan oleh BAN-PT, target, rencana, perbaikan dan pencapaiannya sudah sesuai yang apa yang diharapkan" jelas Prof. DR. Ir. H. Syarif Imam Hidayat, MM selaku Kepala BPM UPN Jatim.

   Sementara itu, audit internal untuk 22 program studi ini diawasi dan dinilai oleh masing - masing auditor terpilih dan rencananya akan selesai satu minggu setelah pelaksanaan audit internal. Sehingga harapkan dalam tiga minggu audit internal ini selesai dan temuan - temuan yang didapat dalam audit akan disampaikan saat Rapat Tinjauan Manajemen (RTM)."hasil temuan dan nilai yang dicapai akan terlihat semuanya, memang hasilnya mungkin akan sedikit lebih rendah dari asesor BAN-PT, tetapi hal ini akan memacu tiap program studi untuk semakin terpacu untuk melakukan perbaikan - perbaikan lebih lanjut". tambahnya.

   Sementara itu, audit internal (AMAI) di semester ganjil untuk program studi ini merupakan langkah awal BPM UPN pada 2016.Kemudian target kedepan pada semester genap BPM rencananya akan melaksanakan audit internal untuk fakultas dan juga Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dan membawa UPN Veteran Jawa Timur untuk diakreditasi oleh Asean University Network (AUN). (niz)

fShare
0

Program Studi

Fakultas Ekonomi & Bisnis
  1. Ekonomi Pembangunan
  2. Manajemen
  3. Akuntasi
Fakultas Teknologi Industri
  1. Teknik Industri
  2. Teknik Kimia
  3. Teknologi Pangan
  4. Teknik Informatika
  5. Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Sosial & Politik
  1. Administrasi Negara
  2. Administrasi Bisnis
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Hubungan Internasional
Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan
  1. Arsitektur
  2. Teknik Sipil
  3. Teknik Lingkungan
  4. Desain Komunikasi Visual
Fakultas Pertanian
  1. Agroteknologi
  2. Agribisnis
Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum
Program Pascasarjana
  1. Magister Manajemen
  2. Magister Akuntansi
  3. Magister Manajemen Agribisnis