2439 Mahasiswa Berangkat Abdikan Diri Secara Langsung ke Masyarakat Melalui KKN Tematik Bela Negara 2021

Dalam melaksanakan salah satu pilar Tridharma Perguruan Tinggi, UPN Veteran Jawa Timur memberangkatkan 2439 mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Bela Negara 2021 secara virtual dengan perwakilan mahasiswa yang hadir di Gedung Technopark lantai 1, Senin (5/7).

KKN Tematik Bela Negara 2021 memilih tema “Pengembangan Potensi Pariwisata Lokal dan Penguatan Ekonomi Kreatif Di Masa Pandemi Covid-19”. Tema ini dipilih berdasarkan Potensi UPN Veteran Jawa Timur dan Kajian Kelayakan Program yang dapat dilakukan oleh Mahasiswa secara daring selama melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata.

Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat dan KKN UPN Veteran Jawa Timur, Dr. Z. Abidin Achmad, M.Si., M.Ed dalam laporan kegiatan menyampaikan konsep dasar pelaksanaan KKN Tematik Bela Negara 2021 antara lain mampu memberikan kemanfaatan sebagai sarana penanggulangan terhadap dampak pandemi COVID-19 yang terjadi di berbagai sektor kehidupan masyarakat. “Kegiatan KKN Tematik Bela Negara selama masa pandemi COVID-19 ini, merupakan salah satu implementasi BELA NEGARA oleh Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur serta agar turut berkontribusi  dalam pemulihan ekonomi masyarakat, utamanya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di tingkat Desa dan Kelurahan” jelasnya.

Kemudian, Lokasi KKN Tematik Bela Negara Tahun 2021 ini, berada di 5 Kabupaten dan Kota, yaitu Kota Surabaya, tersebar di 31 Kecamatan dengan 35 Kelurahan antara lain Kabupaten Sidoarjo, berada di 2 Kecamatan dengan 22 Kelurahan & Desa, Kota Blitar, berada di 3 Kecamatan dengan 12 Kelurahan, Kabupaten Gresik, ada di 1 Kecamatan dengan 9 Kelurahan & Desa dan Kota Mojokerto, berada di 3 Kecamatan dengan 6 Kelurahan dengan peserta  2439 orang mahasiswa yang terbagi dalam 84 kelompok yang akan melaksanakan program KKN pada 13 – 27 Juli 2021.

“Mahasiswa yang terjun langsung di masyarakat ini nantinya didampingi 28 orang dosen pembimbing lapangan (DPL), dengan 1 kelompok KKN berisi 20-35 orang dan 1 DPL mendampingi 3 kelompok” ujar Zainal Abidin.

Sementara itu, Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT menyampaikan Kuliah Kerja Nyata (KKN ),  merupakan salah satu bentuk implementasi  dari “Kampus Merdeka ‘ tersebut.  Melalui kegiatan KKN, mahasiswa diharapkan lebih terasah kemampuannya dalam mengindentifikasi, merumuskan sekaligus memecahkan semua permasalahan yang dihadapi masyarakat. “Pada kondisi normal (sebelum terjadi pandemi COVID-19), mahasiswa di terjunkan langsung di berbagai lokasi KKN, namun saat ini, di tengah pandemi COVID-19,  hal ini tidak mungkin dilakukan.  Namun demikian, adanya pandemi COVID-19 ini tidak menyurutkan semangat  UPN  “Veteran” Jawa Timur untuk mendorong mahasiswa agar tetap berpartisipasi  dan berkontribusi  di masyarakat.  Oleh sebab itu agar kegiatan KKN ini dapat berjalan sesuai dengan Kalender Akademik UPN “Veteran” Jawa Timur, maka dilakukan strategi alternatif pelaksanaan KKN dalam bentuk daring (dalam jaringan).  Bentuk KKN  daring ini selanjutnya diberi nama KKN Regular COVID-19”.

Rektor berharap agar kegiatan KKN Regular COVID-19 yang dilaksanakan di tengah masa pandemi COVID-19 ini bisa berlangsung dengan lancar tanpa suatu kendala, dan di akhir masa kegiatan KKN Regular COVID-19, semua mahasiswa  peserta KKN Regular COVID-19  beserta para DPL  semua tetap dalam keadaan sehat tak kurang suatu apapun.

Feedback

×

Atau mengajukan tiket :

Lapor