3512 Mahasiswa Baru Ikuti Pembukaan PKKMB TA. 2019/2020

Upacara pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UPN Veteran Jawa Timur Tahun Akademik 2019 / 2020 dilaksanakan pada 13 Agustus 2019 di halaman timur Gedung Serba Guna Giriloka. Upacara pembukaan PKKMB ini diikuti oleh 3512 mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020.

Dalam laporan kegiatan, Ketua Panitia sekaligus Plt. Ka. Biro BAKPK Dr. Eko Purwanto, SE. MSi menuturkan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk memberikan pembekalan awal kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kehidupan kampus. “selanjutnya kegiatan PKKMB ini dimaksudkan untuk menyiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa dewasa dan mandiri serta memahami kegiatan akademik dan kemahasiswaan”.

Dalam upacara pembukaan PKKMB ini diikuti oleh 856 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 396 mahasiswa Fakultas Pertanian, 746 mahasiswa Fakultas Teknik, 806 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 245 mahasiswa Fakultas Hukum, 151 mahasiswa Fakultas Arsitektur dan Desain dan 312 mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dengan waktu penyelenggaraan pada 13 – 17 Agustus 2019 di lingkungan kampus UPN Veteran Jawa Timur. 3512 mahasiswa ini nantinya akan mengikuti materi ceramah umum bela negara dan bahaya narkoba, memperkenalkan visi misi, kurikulum, kompetensi lulusan, sarana prasarana, tri dharma perguruan tinggi, organisasi di masing – masing fakultas dan program studi serta mendorong mahasiswa aktif dalam pengembangan soft skill melalui kegiatan kurikuler.

3512 mahasiswa baru ini merupakan mahasiswa terpilih dari 40.000 calon mahasiswa yang terjaring dari tiga seleksi penerimaan mahasiswa baru, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri yang telah dilaksanakan pada bulan Maret – Juli kemarin.

Selanjutnya, Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT berpesan kepada mahasiswa baru agar bisa memiliki kedisiplinan dan perencanaan waktu yang baik, taat peraturan dan patuh pada orang tua, dosen dan senior, menjauhi narkoba, radikalisme dan terorisme serta mengasah potensi dengan dengan banyak diskusi untuk meningkatkan penalaran ilmiah dalam mimbar ilmiah dan akademik. “karena mahasiswa baru tahun 2019 ini merupakan 15 % orang terpilih dari seluruh generasi muda Indonesia yang mempunyai kesempatan menimba bangku kuliah, masyarakat dan Indonesia mengharapkan mahasiswa baru ini untuk memimpin bangsa ini di masa depan” tutup Rektor.