4297 Peserta Ujian Tulis Berebut 1100 Kursi Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

Sebanyak 4297 calon mahasiswa pada Selasa (23/07) mengikuti Ujian Tulis Jalur Mandiri UPN Veteran Jawa Timur. Mereka berebut 1100 sisa kursi mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020. 4297 peserta ini terbagi menjadi 2079 peserta Saintek dan 2178 soshum yang menempati 151 ruangan.

Mereka melaksanakan Ujian Tulis Jalur Mandiri mulai pukul 07.30 WIB dengan dua sesi yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek atau Soshum sesuai bidang yang dipilih, kemudian sesi Tes Kemampuan Potensi Akademik.

“Ujian Jalur Mandiri ini merupakan kesempatan terakhir untuk menjadi mahasiswa baru, pendaftaran Jalur Mandiri ini dibuka pada 24 Juni sampai 13 Juli, namun karena banyak permintaan akhirnya panitia penerimaan mahasiswa baru memperpanjang masa waktu pendaftaran sampai 18 Juli dan mendapatkan 4444 pendaftar dengan 3.817 pendaftar Jalur Mandiri Reguler (JMR) 260 pendaftar Jalur Mandiri Prestasi (JMP) dan 367 pendaftar Jalur Mandiri Kemitraan (JMK)” jelas Ir. Purwadi, MP, Wakil Ketua II Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru.

Purwadi menambahkan pada Ujian Jalur Mandiri ini memakai penilaian yang sama dengan UTBK. “secara teknis penilaiannya jika benar 1 soal nilainya 20 dan jika salah tidak ada minus, jadi jika semua soal benar nilainya 1000. Kemudian hasil ujian tulis jalur mandiri ini akan digabungkan dengan nilai UTBK maupun nilai prestasi, portfolio atau kemitraan sehingga keluar rasio nilai akhir yang akan disesuaikan dengan kuota program studi”

Wakil Rektor I, Dr. Ir. Sukendah, MSc menambahkan Ujian Tulis Jalur Mandiri ini akan diumumkan pada 30 Juli dan akan mengikuti proses verifikasi data dan registrasi ulang seperti mahasiswa baru SNMPTN dan SBMPTN. “Bedanya camaba Jalur Mandiri ini memiliki waktu yang lebih sedikit untuk menyesuaikan diri, karena waktu yang berdekatan dengan pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang akan dimulai pada 7 Agustus”.

Selanjutnya, Wakil Rektor I berharap peserta Ujian Tulis Jalur Mandiri mendapat hasil yang maksimal. “kami segenap panitia baru melakukan pelayanan secara prima dan maksimal dan semoga peserta bisa mendapat nilai ujian sesuai dengan apa yang diinginkan dan bisa bergabung menjadi mahasiswa baru dan keluarga besar kampus bela negara UPN Veteran Jawa Timur” tutupnya.