Civil Fest Mengadakan Donor Darah di Fakultas Teknik

Civil Fest dari mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan kegiatan donor darah di lobby Giri Reka Fakultas Teknik UPN Veteran Jawa Timur, selasa (27/8). Dalam kegiatan donor darah kali ini dibuka untuk Mahasiswa, Dosen maupun umum dan dimulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Acara donor darah ini dilaksanakan setiap tahun, tepatnya pada awal tahun akademik baru bulan Agustus, kegiatan donor darah yang diusung oleh Civil Fest ini diselenggarakan pertama kali pada tahun 2014 yang artinya sudah 5 periode terhitung mulai pada tahun 2014 sampai 2019.

Ryan Silmi selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa awal mula Civil Fest itu sebenarnya dari City Festival dan kemudian disingkat menjadi Civil Fest yang dihimpun oleh Mahasiswa Fakultas Teknik Program  Studi Teknik Sipil, “rangkaian kegiatan Civil Fast yaitu donor darah dan di iringi oleh music akustik, pada kegiatan donor darah ini ada targetnya juga berjumlah 50 kantong darah yang didapat dari peserta donor baik mahasiswa maupun dosen” jelasnya.

Kemudian, Ryan Silmi menjelaskan tentang jumlah 50 kantong darah yang nantinya akan dibawa oleh PMI untuk diserahkan kepada orang – orang yang membutuhkan darah. Adapun syarat bagi pendonor untuk melakukan donor darah yaitu usia 17 tahun, sehat jasmani dan rohani, berat badan 45 kg, dan tidak bertato. Tujuan dari syarat untuk mendonorkan darah untuk mendapatkan kualitas darah yang bagus untuk orang yang membutuhkannya.

Firdaus Rezando Rohman, salah satu mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) yang selesai melakukan donor darah mengatakan bahwa donor darah kali ini sangat penting karena diluar sana banyak dari kalangan anak – anak, orang dewasa hingga orang tua yang membutuhkan darah. “saya berharap semoga banyak orang yang sadar akan pentingnya donor darah dan tentunya bagi orang yang mendonorkan darah akan mendapatkan pahala. Banyak mahasiswa yang meyambut kegiatan donor darah ini yang diselenggarakan oleh Civil Fast melalui PMI dengan positif dan berharap kegiatan donor darah tidak hanya satu kali dalam setahun melainkan setiap 3 bulan sekali”. (Ham/Akb)