Deklarasi Zona Integritas, Wujud Peningkatan Zona Perubahan, Zona Pelayanan Dan Akuntabel

Deklarasi Zona Integritas, Wujud Peningkatan Zona Perubahan, Zona Pelayanan Dan Akuntabel

Sebagai perguruan tinggi negeri yang baru saja menerima status pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU), UPN Veteran Jawa Timur langsung bergerak cepat untuk melaksanakan Deklarasi Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Deklarasi Zona Integritas ini dilaksanakan bersamaan dengan acara Kuliah Umum Bela Negara di Gedung Giriloka (18/12). Disaksikan oleh 2500 mahasiswa dan tamu undangan, Rektor UPN Veteran Jawa Timur secara simbolis melakukan scan sidik jari di layar monitor sebagai tanda diresmikannya Zona Integritas di UPN Veteran Jawa Timur. Scan sidik jari ini kemudian diikuti oleh Wakil Rektor I dan III, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dekan Fakultas Pertanian, Dekan Fakultas Teknik, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dekan Fakultas Hukum, Dekan Fakultas Arsitektur dan Desain, Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Kepala Lembaga Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M), Kepala Biro Umum dan Keuangan dan Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Kerjasama (BAKPK).

Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT menyampaikan deklarasi zona integritas ini meliputi peningkatan zona perubahan, zona pelayanan dan akuntabel. “Hal-hal yang meliputi zona integritas ini terus kita tingkatkan kinerjanya. Baik dalam masyarakat kampus maupun masyrakat luas,” ujarnya.

Rektor berharap dengan adanya Zona Integritas akan meningkatkan profesionalitas dan tanggung jawab dalam menjalankan setiap tugas dan fungai yang dimilikinya. Serta terbebas dari perilaku kolusi, korupsi dan nepotisme dalam segala hal.

Adapun isi pakta integritas UPN Veteran Jawa Timur antara lain berperan secara proaktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan KKN, serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela, tidak akan menerima hadiah, bantuan maupun pemberian secara langsung atau tidak langsung, bersikap transparan, jujur, objektif dan akuntabel dalam melaksanakan tugas, menghindari konflik kepentingan dalam melaksanakan tugas dan menyampaikan informasi penyimpangan integritas di lingkungan UPN Veteran Jawa Timur.

Selanjutnya, setelah deklarasi zona integritas, acara dilanjutkan dengan kuliah umum bela negara oleh Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI Prof. Bondan Tiara Sofyan, pemberian sertifikat kader bela negara yang diberikan secara langsung oleh

Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI kepada perwakilan mahasiswa, seminar nasional “Mengenal dan Mencegah Tipikor di PTN” oleh Giri Supradiyono, Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan “Tata Kelola PTN yang Berintegritas” oleh Dra. Ida Sundari, Inspektorat Utama Badan Pemeriksa Keuangan.