Dies Natalis UPN Veteran Jawa Timur Ke 60 Tahun 2019 : Bersinergi Bersama Membangun Bangsa

Puncak peringatan Dies Natalis UPN Veteran Jawa Timur ke 60 tahun 2019 dilaksanakan di GSG Giriloka, Jumat (5/7). Mengangkat tema “Bersinergi Bersama Membangun Bangsa” dan dihadiri oleh pimpinan, dosen, tenaga pendidik dan beberapa tamu undangan. Acara dimulai dengan sambutan dari Wakil Rektor III sekaligus ketua panitia, Ir. Sutiyono, MT dan dilanjutkan dengan laporan tahunan Rektor, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT yang mengatakan bahwa pentingnya bersinergi dan bekerja sama untuk meningkatkan sumber daya manusia. “SDM yang berkualitas akan menjadi motor penggerak kemajuan suatu bangsa, dan ini harus disiapkan dari UPN Veteran Jawa Timur”.

Rektor menambahkan bahwa transformasi adalah kata yang tepat untuk menggambarkan perjalanan UPN Veteran Jawa Timur selama kurun waktu 5 tahun terakhir. Transformasi ini memiliki dua makna yaitu perubahan  dan pertumbuhan. Makna perubahan ini ditunjukkan perubahan mendasar pada platform organisasi UPN Veteran Jawa Timur, selama kurun waktu 5 tahun ini dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan dari Perguruan Tinggi Negeri Satuan Kerja (PTN Satker) tahun 2014 menjadi Perguruan Tinggi Negeri yang menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (PTN PK-BLU). Sementara pertumbuhan mengandung makna bahwa UPN Veteran Jawa Timur selalu menyadari bahwa hidup dalam lingkungan yang sangat dinamis yang penuh dengan tanyangan dan faktor eksternal yang terus berkembang dan berubah, sehingga butuh adaptasi, adopsi, inovasi, strategi dan sinergi secara berkelanjutan.

“perubahan dan pertumbuhan platform organisasi secara faktual menimbulkan tantangan baru baik sistem dan prosedur di seluruh bidang kegiatan maupun regulasi yang semakin ketat berbasis output. Karena itu UPN Veteran Jawa Timur harus merompak pola pikir dan perilaku semua sivitas akademika agar mampu menjawab tantangan saat ini dan masa mendatang” jelas Rektor.

Kemudian, tak ketinggalan acara hiburan ludruk dari Kartolo Cs untuk mengangkat budaya lokal jawa timur, pemotongan tumpeng dan pembagian hadiah lomba, doorprize dan pemenang pemilihan dosen, tenaga pendidik, laboran mahasiswa dan unit kerja berprestasi.

Rangkaian Dies Natalis ke 60 UPN Veteran Jawa Timur dilaksanakan mulai Jumat (28/6) dengan acara apel dan senam pagi, kemudian dilanjutkan dengan lomba tarik tambang yang dimenangkan oleh Satuan Pengamanan (Juara I) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Juara II) dan Fakultas Ilmu Komputer (Juara III), Lomba Speak Bola Mini yang dimenangkan oleh Fakultas Ilmu Komputer (Juara I) Satuan Pengamanan (Juara II) dan Rektorat (Juara III). Lomba dilanjutkan pada hari Selasa (2/7) dengan lomba Bola Volly Putra yang dimenangkan Rektorat (Juara I) Satuan Pengamanan (Juara II) dan Fakultas Hukum (Juara III) Lomba Bola Volly Putri yang dimenangkan Fakultas Pertanian (Juara I) Rektorat (Juara II) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Juara III) dan Lomba Senam yang dimenangkan Fakultas Teknik (Juara I) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Juara II) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Juara III).

MARI BERSINERGI BERSAMA MEMBANGUN BANGSA DIMULAI DARI KAMPUS BELA NEGARA UPN VETERAN JAWA TIMUR