Fakultas Ilmu Komputer Harus Siap Jadi Pencetak Technopreneur Kreatif di Era Digital

Dies Natalis ke 3 Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jawa Timur digelar di halaman gedung Giri Santika, Jumat (30/8). Acara yang mengangkat tema “Techno Preneur Sebagai Kreatifitas pada era revolusi 4.0” ini dihadiri oleh pimpinan UPN “Veteran” Jawa Timur, dosen, tenaga pendidik dan beberapa tamu undangan.

Dies Natalis ini juga dibarengi dengan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan Universitas Esa Unggul Jakarta dan dilanjutkan dengan TIMERS (Technology, Informatics, Management, Engineering Research Support) Jakarta untuk menunjang kegiatan akedemik dan pendampingan bagi para dosen yang akan mengikuti Program sekolah S3 selanjutnya,

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ilmu Komputer sekaligus ketua panitia dies natalis,  Dr. Ir. Ni Ketut Sari, MT mengatakan bahwa Fakultas Ilmu Komputer saat ini berada dalam usia yang sangat belia atau dikatakan masih Balita.  Sangat penting untuk mengadakan sejumlah kerja sama baik dari pihak pemerintah atau dari pihak swasta yang terkait untuk menunjang kinerja kedepan dalam menghadapi era Revolusi 4.0 supaya dapat lebih unggul baik Income maupun Outcome.

Senada dengan yang disampaikan ketua panitia, Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi,MMT mengatakan bahwa dalam waktu yang sebentar, FIK diharapkan terus memberikan banyak kontribusi kepada UPN Veteran Jawa Timur.  Hal ini terbukti dengan yang asalnya ada dua jurusan yaitu Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang mendompleng FTI,  sekarang sudah berdiri sendiri menjadi sebuah fakultas. selain itu telah banyak dari Dosen FIK yang sudah meraih gelar S3 yang menunjukkan integritasnya pada lembaga terutama pada kemajuan fakultas kedepan dalam menghadapi era revolusi 4.0

“Perubahan dan pertumbuhan pada suatu Organisasi secara berkelanjutan adalah wajib dilakukan kedepan, FIK diharapkan dapat berubah menjadi FASILKOM karena tantangan baru kedepan baik sistem dan prosedur diseluruh bidang kegiatan maupun regulasi yang semakin berat dan ketat yang berbasis output. Karena itu UPN “Veteran” Jawa Timur khususnya FIK harus mau merombak pola pikir dan perilaku agar mampu menjawab tantangan saat ini dan masa mendatang untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0” jelasnya.

Kemudian Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul, Dr. Ir. Husni S. Sastramihardja, MT memberikan tanggapan bahwa tantangan era digital kedepan sudah sangan kompleks. “makanya kita harus terus berlari mengikuti perkembangan jaman, kedepan harus bisa membangun Engineegering, fasilitas data dan SDM yang handal untuk menghadapi era digital ini, kami juga  merasa salut karena FIK UPN Veteran Jawa Timur yang baru usia yang sangat dini sudah bisa jadi fakultas baru yang menghasilkan mahasiswa – mahasiswi yang tanggap terhadap tantangan era digital ini”

Rangkaian Dies Natalis  Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran“ Jawa Timur dilaksanakan mulai pertengahan bulan agustus dengan berbagai kegiatan antara lain Bussines Model canvas Competition, pameran Technopreneurship dan talkshoh Technopreneurship dan ditutup pada Jum’at (30/8/2019), dengan acara pemotongan tumpeng dan pelepasan balon udara disertai dengan pemukulan gong. (ali/ham)