FGD IBT Dorong Sinergi Mahasiswa dan Masyarakat Bentuk Inovasi Start Up Berbasis Teknologi

LPPM UPN “Veteran” Jawa Timur mengadakan Focus Group Discussion Inkubator Bisnis Teknologi Technopark (FGD IBT) dengan tema “Sinergitas Stakeholder untuk mendorong inovasi Start Up berbasis teknologi”, yang dihadiri oleh Ketua AIBI (Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia) Asril Fitri Syamas), Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Civitas Akademika dan perwakilan dari beberapa perguruan tinggi Jawa Timur serta para undangan baik dari pemerintah maupun dari pihak swasta.di gedung Technopark Rabu (25/9).

Ketua AIBI, Asril Fitri Syamas, memberikan materi tentang pentingnya Start Up bagi masyarakat yang handal untuk menghadapi persaingan di era digital.”Kegiatan ini merupakan kegiatan Nasional yang ke 65, rangkaian kegiatan ini sudah dimulai dari bulan April kemaren dengan bentuk kegiatan seminar, lokakarya sampai pembinaan langsung ke masyarakat tentang tantangan dalam menghadapi era 4.0,” jelasnya.

Lebih lanjut Asril menjelaskan bahwa kegiatan  ini berlangsung 2 hari. Pada hari pertama dilaksanakan FGD dan Hari kedua adalah dilaksanakan Demo FGD Start Up yang mana dalam pelaksanaannya diperuntukan para Start Up untuk menjalin kelangsungan usaha yang mereka miliki, IBT sendiri bertujuan untuk menumbuhkan kewirausahaan yang ada di perguruan tinggi baik negeri atau swasta untuk bisa berdaya saing yang tinggi supaya dapat bersaing di masyarakat luas.

Dalam sambutannya,  Rektor UPN “Veteran” Jawa Timur Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT mengatakan bahwa UPN “Veteran” Jawa Timur saat ini mempunyai hak paten Desain Industri yang bisa terbilang sangat memuaskan karena di tingkat perguruan tinggi kita memperoleh nomor 2 terbanyak Nasional yang ada di Indonesia itu ada 824, yang dalam karya baik dari dosen dan mahasiswa karya tersebut sudah tersebar di seluruh Indonesia terutama daerah tertinggal dan terluar Indonesia,”Kegiatan FGD IBT ini sangat baik dan diperlukan untuk para star Up pemula dan selanjutnya akan jadi kekuatan yang luar biasa untuk kemajuan kedepan karena merekalah yang akan menghadapi persainangan era industry  tersebut, dan UPN “Veteran” sangat serius untuk mengembangkan kegiatan kegiatan FGD IBT serupa, kita sudah mengawali dan membekali mahasiswa untuk menjadi Start Up yang handal” tambahnya.

Kemudian Sebagai penutup Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT menekankan kepada para Civitas Akademika UPN Veteran Jatim bahwa peran mahasiswa ini sangat perlu digandeng  sebagai ajang pembelajaran dan kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat desa luas untuk meningkatkan taraf hidup dan perkembangan perekonomian masyarakat luas kedepan “ini menjadi tugas bersama untuk menyiapkan generasi muda untuk membangun ekonomi yang lebih baik dan terarah untuk persaingan kedepan dan beliau berpesan kepada mahasiswa yang ikut kegiatan inin untuk meningkatkan kreatifitas melalui kegiatan FGD IBT yang diadakan oleh Universitas”.

Kegiatan FGD IBT yang diselenggarakan di wilayah Jawa Timur ini dilaksanakan di 3 universitas yaitu UPN “Veteran” Jawa Timur, Universitas Petra Surabaya dan Politeknik Jember,(ali)