Program Studi Ilmu Komunikasi Rintis Kelas Internasional

Mike Neuber Wisma Jerman Surabaya

Program studi Ilmu Komunikasi mulai memperkenalkan mata kuliah berbahasa Inggris melalui program Virtual Public Lecturer (VPL). Dimulai pada semester gasal tahun ajaran 2022/2023, program yang termasuk program MBKM ini merupakan rintisan kelas internasional. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan mahasiswanya menghadapi kompetensi global.

Oleh karena itu, praktisi dari luar negeri pun dihadirkan. Bersama dengan dosen UPN “Veteran” Jawa Timur, mereka ingin menciptakan ruang kelas yang lebih responsif terhadap isu-isu terkini dan mengubah pola pemikiran mahasiswa agar lebih kritis dan terbuka atas perkembangan keilmuan tingkat dunia.

Batch pertama program VPL terdiri dari empat mata kuliah. Yaitu, Creative Branding, Intercultural Communication, Management Content Digital, dan Digital Culture & Society. Praktisi dari luar negeri akan mengajar sebanyak enam kali pertemuan (empat kelas tatap muka dan dua kelas tugas independen). Mahasiswa yang boleh mengikuti program ini harus memiliki nilai minimum IELTS 5/TOEFL 450/Duolingo English Test 75.

Kelas pertama VPL diadakan Jumat lalu (4/11) di Laboratorium Cyber Ilmu Komunikasi. Mike Neuber, Direktur Wisma Jerman Surabaya, memberikan materi tentang Brand Equity. Kelas yang diikuti 11 mahasiswa itu berlangsung cukup seru. Mike terus berusaha melibatkan mahasiswanya dalam diskusi. Mulai dari mengusung brand-brand yang dekat dengan mereka sampai menceritakan kasus brand asal Jerman, negara asal Mike, sehingga membuat mahasiswa penasaran dan bertanya lebih dalam.

“Bener! Komparasi branding di Indonesia dan Jerman bikin materi lebih insightful. Kami jadi lebih paham kalau ternyata implementasi creative branding bisa berbeda-beda di tiap negara.  Suasana kelasnya juga sangat mendukung untuk diskusi sekaligus improve english skill,” jelas Najma Tushobah, salah satu mahasiswa VPL yang masih semester tiga. Najma juga berharap program-program internasional seperti ini semakin meluas di UPN “Veteran” Jawa Timur. 

“Mereka sangat aktif. Saya berusaha membuat kelas ini interaktif, semoga mereka puas. Saya sangat senang mereka mau berpartisipasi, bertanya, memperhatikan. So yeah. Dan mereka juga tidak takut mengutarakan pendapat. Their English is good,” terang Mike saat ditanya tentang first impression-nya terhadap mahasiswa VPL UPN “Veteran” Jawa Timur.

Rintisan Kelas Internasional Ilmu Komunikasi UPN Jatim

Selain Mike Neuber, praktisi luar negeri lain yang akan mengajar adalah Dr. Hung Keung David dari The Education University of Hong Kong dan Ana Maria Camargo dari Juan N. Corpas University di Kolombia. Sedangkan dosen UPN “Veteran” Jawa Timur yang terlibat adalah Aulia Rahmawati, S.Sos, M.Si., Ph.D. (Digital Culture & Society), Syifa Syarifah Alamiyah, S.Sos., M.Sc. (Intercultural Communication), Farikha Rachmawati, S.I.Kom., M.I.Kom. (Creative Branding), Dian Hutami Rahmawati, S.I.Kom., M.Med.Kom. (Creative Branding), dan Oktifani Winarti, S.Kom., M.A. (Digital Content Management).

Tahun lalu, program studi yang dikepalai Dr. Yuli Candrasari, S.Sos., M.Si. ini telah mendapat akreditasi internasional FIBAA (​​Foundation for International Business Administration Accreditation). Sedangkan tahun ini, Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jawa Timur berhasil mendapat akreditasi unggul BAN-PT.

SIADU :: Sistem Informasi Aduan