Wisudawan Harus Cepat Beradaptasi dengan Kencangnya Perubahan di Era Revolusi Industri 4.0

th IMG 42081Pelaksanaan Rapat Terbuka Senat UPN Veteran Jawa Timur dalam Rangka Upacara Wisuda Sarjana ke 73 dan Pascasarjana ke 35 periode 2 tahun akademik 2017/2018 berlangsung dengan suasana yang berbeda. Upacara wisuda yang dilaksanakan pada 7 Juli 2018 di Gedung Giriloka ini biasanya hanya dihadiri undangan dan orang tua wisudawan, kali ini upacara wisuda dihadiri oleh 17 Rektor dan Direktur Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia dan diikuti oleh 964 wisudawan yang terdiri dari 919 orang lulusan sarjana dan 44 orang lulusan pascasarjana.

Undangan tersebut antara lain Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA (Rektor Institut Teknologi Bandung) Prof. Ir. Joni Hermana M.Sc.,ES.,P.hD (Rektor Institut Teknologi Sepuluh November) Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc (Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji) Prof. Dr. H. Rudi Priyadi, Ir., MS (Rektor Universitas Siliwangi) Prof. Dr. H. Moh. Wahyudin Zarkasyi, CPA (Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang) Prof. Jasman J. Ma’ruf, MBA (Rektor Universitas Teuku Umar) Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K, M.Sc (Rektor UPN Veteran Jogjakarta) Prof. Dr. Sirilius Seran, SE, MS (Rektor Universitas Timor) Ir. Casiman Sukardi (Direktur Politeknik Indramayu) Dr. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd (Direktur Politeknik Tanah Laut Kalimantan Selatan) DR. Hj. Ir. Nurmala, MM (Direktur Politeknik Ketapang Kalimantan Barat) dan Prof. Dr. Moeljadi, SE, SU, M.Sc (Wakil Rektor I UPN Veteran Jakarta).

Dalam orasi Ilmiah, Rektor ITB Prof. Kadarsah menyampaikan bahwa saat ini kita dihadapkan pada era baru yaitu era digital dan Revolusi Industri 4.0, apalagi nanti tahun 2025 kita akan dihadapkan dengan adanya 60% peluang kerja yang baru, yang saat ini belum ada, sehingga lulusan yang sekarang harus punya kemampuan adaptasi terhadap perubahan yang sangat cepat, karena 50 tahun yang akan datang, perubahan akan jauh lebih cepat dari 400 tahun yang lalu.IMG 4034

Walaupun mereka lulus dan masuk era digital dengan keilmuan masing – masing, mereka harus beradaptasi dengan perubahan digital dan harus memperkuat kemampuan mereka juga, karena era digital berkontribusi pada dua hal, yaitu murahnya biaya dan cepatnya penyampaian, kualitas menjadi hal yang dikesampingkan. “nah kualitas tersebut siapa yang menjaga ?? yang menjaga adalah bidang keilmuan masing – masing. Karena itu saya berpesan pada masing – masing wisudawan bahwa masuklah era digital dengan kemampuan adaptasi yang tinggi dan tetap perkuat dan kembangkan bidang keilmuan yang didapat ketika dibangku kuliah, apalagi UPN Veteran Jawa Timur memiliki ciri khas bela negara, ini yang menjadi modal para sarjana untuk berjuang di dunia luar untuk meraih kesuksesan” tegasnya.

Selanjutnya, beliau juga memberikan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada UPN Veteran Jawa Timur yang pada hal ini mengundang 12 rektor perguruan tinggi negeri. “kami majelis rektor perguruan tinggi negeri harus bergerak bersama, maju bersama untuk selalu melakukan continous improvement bersama, dan semoga bisa mempercepat kemajuan perguruan tinggi negeri baru untuk bangsa dan negara”

kemudian Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir, Teguh Soedarto, MP menyampaikan bahwa wisuda kali ini bernuansa nusantara, karena dihadiri oleh 12 Rektor dari seluruh penjuru Indonesia “Hal inilah yang menjadi pelecut semangat persatuan, rektornya bersatu, mahasiswanya bersatu, para wisudawan bersatu untuk bersama – sama untuk membangun Indonesia yang lebih baik”

Rektor pun berpesan kepada wisudawan agar jangan sampai gegar budaya dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 “sarjana – sarjana UPN jangan sampai berdiam diri dan statis dalam menghadapi perubahan zaman yang semakin cepat, mereka harus terus berinovasi, dimana semua upaya dan kegiatan yang kita laksanakan harus terintergrasi dan terencana dengan baik agar bisa mendapat prestasi yang maksimal, jika hal ini sudah didapatkan maka secara otomatis sukses pun akan menghampiri” tutupnya.

Sementara itu, wisuda kali ini juga ada nuansa berbeda, dimana setelah pelaksanaan upacara wisuda terdapat kolaborasi dari 4 UKM yaitu UKM Karawitan, UKM Musik, UKM Paduan Suara dan UKM Marching Band yang dilanjutkan dengan pemberian karangan bunga oleh wisudawan – wisudawati terbaik sebagai wujud terima kasih kepada Rektor dan seluruh dosen yang telah membimbing mereka sampai mendapatkan gelar sarjana dan pascasarjana ini.

Program Studi

Fakultas Ekonomi & Bisnis
  1. Ekonomi Pembangunan
  2. Manajemen
  3. Akuntansi
Fakultas Teknik
  1. Teknik Industri
  2. Teknik Kimia
  3. Teknologi Pangan
  4. Teknik Sipil
  5. Teknik Lingkungan
Fakultas Ilmu Komputer
  1. Teknik Informatika
  2. Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Sosial & Politik
  1. Administrasi Negara
  2. Administrasi Bisnis
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Hubungan Internasional
Fakultas Arsitektur & Desain
  1. Arsitektur
  2. Desain Komunikasi Visual
Fakultas Pertanian
  1. Agroteknologi
  2. Agribisnis
Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum
Program Pascasarjana
  1. M. Manajemen
  2. M. Akuntansi
  3. M. Agribisnis
  4. M. Agroteknologi
  5. M. Ilmu Lingkungan
site stats