Menjadi Motor Penggerak Perubahan, 256 Mahasiswa Tunaikan Tugas dalam KKN Tematik Bela Negara

IMG 0426Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi dibidang pengabdian kepada masyarakat terus dilakukan oleh UPN Veteran Jawa Timur. Sebanyak 256 mahasiswa gabungan yang terdiri dari 251 mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur dan 5 mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mengikuti KKN Tematik Bela Negara yang dilaksanakan selama dua minggu pada 25 Juli sampai 8 Agustus.

Peserta KKN ini diberangkatkan langsung oleh Rektor UPN Veteran Jawa Timur pada 24 Juli di halaman rektorat. 256 mahasiswa ini tergabung dalam 9 kelompok dengan lokasi KKN di Surabaya 1 kelompok, Kabupaten Sidoarjo 1 kelompok, Kabupaten Nganjuk 2 kelompok, Kabupaten Blitar 3 kelompok dan Kabupaten Trenggalek 2 kelompok. Disana mereka akan berkolaborasi bersama aparat dan masyarakat untuk mengangkat potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia agar bisa lebih bermanfaat.

“Tujuan KKN ini sendiri adalah memberikan penguatan karakter bela negara dan menanamkan jiwa korsa bagi setiap mahasiswa, tentunya mereka juga bisa mengimplementasikan teori yang didapatkan di kampus untuk bisa diterapkan di masyarakat sesuai dengan tema – tema KKN dengan semangat Bela Negara” ujar Dr. Ir. Sukendah, M.Sc, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M).

Sukendah menambahkan KKN dengan konsep gabungan dari mahasiswa UPN dan UNESA ini merupakan rencana yang sudah terealisasi, nantinya LPPM akan menyelaraskan jadwal kalender akademik dari UPN dan UNESA agar mendapatkan peserta KKN yang lebih banyak dari kedua kampus ini.

“harapannya dengan KKN Tematik ini mahasiswa bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat di kampus dapat diturunkan atau disampaikan, sehingga mahasiswa bisa menjadi motor penggerak perubahan kearah yang positif di tengah masyarakat”

Sementara itu, sebelum mahasiswa berangkat ke lokasi KKN, mereka mengikuti pembekalan KKN yang dilaksanakan selama 2 hari pada 19 – 20 Juli 2018. Materi pembekalan ini meliputi materi bela negara, materi umum KKN, etika komunikasi, sikap dan perilaku serta pembekalan teknis dari masing – masing tim pengusul atau DPL.

Program Studi

Fakultas Ekonomi & Bisnis
  1. Ekonomi Pembangunan
  2. Manajemen
  3. Akuntansi
Fakultas Teknik
  1. Teknik Industri
  2. Teknik Kimia
  3. Teknologi Pangan
  4. Teknik Sipil
  5. Teknik Lingkungan
Fakultas Ilmu Komputer
  1. Teknik Informatika
  2. Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Sosial & Politik
  1. Administrasi Negara
  2. Administrasi Bisnis
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Hubungan Internasional
Fakultas Arsitektur & Desain
  1. Arsitektur
  2. Desain Komunikasi Visual
Fakultas Pertanian
  1. Agroteknologi
  2. Agribisnis
Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum
Program Pascasarjana
  1. M. Manajemen
  2. M. Akuntansi
  3. M. Agribisnis
  4. M. Agroteknologi
  5. M. Ilmu Lingkungan
site stats