Kolaborasi di Bidang Tridharma, UPN Veteran Jawa Timur Gandeng Kerjasama dengan Kantor BPN Surabaya II dan Ponpes Darul Falah Ponorogo

Untuk meningkatkan pelayanan dalam tridharma perguruan tinggi, UPN Veteran Jawa Timur menyelenggarakan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) dengan Badan Pertanahan Nasional Surabaya II dan Yayasan Pondok Pesantren Darul Falah Ponorogo Jawa Timur di Ruang Bromo Gedung Rektorat (16/1). Acara dihadiri oleh Rektor UPN Veteran Jawa Timur Prof.Dr.Ir.Akhmad Fauzi, M.MT , Kepala BPN II Surabaya Lampri, APTnh, SH, MH dan Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darul Falah Ponorogo Riza Arif Achmadi, S.Th.I, beserta jajaran pimpinan dan tamu undangan.

Diawali dengan penandatangan nota kesepahaman antara Rektor UPN Veteran Jawa Timur dengan Kepala Badan Pertanahan Nasional Surabaya II dan Ketua Yayasan Ponpes Darul Falah Ponorogo, kemudian dilanjutkan dengan saling menukar cinderamata antar masing – masing lembaga.

Dalam sambutannya, Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT menjelaskan perkembangan UPN Veteran Jawa Timur terkait dengan  kebijakan baru Kemendikbud yang menguntungkan bagi UPN Veteran Jawa Timur. Salah satunya pada tahun ini UPN Veteran Jawa Timur menambah fasilitas penambahan mahasiswa baru sebanyak 700 mahasiswa. “UPN Veteran Jawa Timur memiliki akreditasi institusi “A” dan 42% program studi juga memiliki akreditasi “A”. Hal ini memberikan peluang untuk membuka program studi baru yang sudah dipersiapkan diantaranya Kedokteran, Farmasi, Mesin, Pariwisata, Data sains dan S3 Agribisnis” tutur Rektor.

Kemudian Kepala BPN Surabaya II, Lampri, APTnh, SH, MH  berterima kasih atas kerjasama yang terjalin antara UPN Jatim dengan BPN Surabaya II. “banyak hal yang bisa dikembangkan antara UPN dan BPN II, baik program PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap) maupun program lain, kami sangat terbantu dengan hadirnya mahasiswa UPN dikantor BPN II Surabaya. BPN II Surabaya siap memberikan pembekalan praktek dibidang hukum dan komputerisasi online”  

Sementara itu Ketua Pondok Pesantren Darul Falah Ponorogo Riza Arif Achmadi, S.Th.I mengucapkan terimakasih telah diterima menjalin kerjasama di UPN Veteran Jawa Timur ini karena menyambung silaturahmi dan bertukar ilmu antara UPN dengan Pondok Pesantren. Bagaimana menjadi pesantren dan mini kota di Ponorogo dan mempunyai cita-cita lulusan yang memiliki konsep kolaborasi antara modernisasi dengan keislaman yang ada di Pondok Pesantren Darul Falah Ponorogo.

Pondok Pesantren Darul Falah Ponorogo pernah mengikuti pameran di Jatim Expo dengan mempromosikan hasil produk sendiri. Ketua Pondok Pesantren Darul Falah ingin merubah mindset warga  ponorogo, karena masyarakat ponorogo mempunyai mindset setelah lulus SMP dan SMA mereka menjadi TKI, “ngaji wajib tapi skill harus diasah, kami berharap bisa ditularkan ilmu komunikasi dan komputerisasi yang ada di UPN untuk di Pondok Pesantren kemudian bagaimana bertani dengan teknologi” tutup kepala Pondok Pesantren. (gie/niz)