Lomba Defile PBB Bela Negara, Wujud Implementasi Kemampuan Awal Bela Negara Untuk Mahasiswa

Setelah pelaksanaan upacara peringatan hari bela negara di halaman timur Giriloka (18/12) acara dilanjutkan dengan defile PBB bela negara oleh mahasiswa perwakilan masing – masing fakultas di halaman timur Gedung Giriloka (19/12).

Disaksikan oleh Rektor, dosen, tenaga pendidik dan mahasiswa peserta upacara, lomba defile bela negara dimulai dengan parade marching band Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Marching Band Gita Widya Agni, Parade Defile UKM Resimen Mahasiswa Batalyon 806 dan dilanjutkan dengan lomba defile yang diikuti oleh perwakilan mahasiswa Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Arsitektur dan Desain. Kemudian lomba ditutup dengan penampilan oleh satuan pengamanan security UPN Veteran Jawa Timur.

Kemudian setelah penampilan kembali oleh UKM Marching Band dengan formasi lengkap baik color guard dan perkusi, pemenang lomba defile PBB bela negara pun diumumkan. Juara I dengan nilai 1285 diraih oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Juara II dengan nilai 1277 diraih oleh Fakultas Ilmu Komputer, dengan nilai 1253, Fakultas Pertanian meraih juara III, dan Fakultas Arsitektur dan Desain meraih Juara Harapan I dengan nilai 1244 dan Fakultas Teknik meraih Juara Harapan II dengan nilai 1212.

Setelah lomba, Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT memberikan apresiasi kepada peserta lomba defile bela negara.

“lomba defile PBB para mahasiswa ini rangkaian kegiatan bela negara selain outbond bela negara dan lainnya, kegiatan ini pula sebagai upaya implementasi kemampuan awal bela negara secara fisik” ujarnya.

Rektor pun berpesan kepada mahasiswa untuk terus belajar, berinovasi dan berprestasi untuk kebaikan diri sendiri, kebanggaan orang tua, kemajuan UPN Veteran Jawa Timur, bangsa dan negara.