Outbond Praktikum Bela Negara, Pondasi Awal Kemampuan Bela Negara Mahasiswa

UPN Veteran Jawa Timur melaksanakan outbond praktikum bela negara sebagai lanjutan dari mata kuliah Bela Negara. Mata kuliah yang memuat 3 SKS ini terbagi menjadi 2 SKS teori di kelas dan 1 SKS praktikum outbond. Pelaksanaan outbond ini berjalan selama hari sabtu dan minggu pada 19, 20, 27 oktober dan 02,03, 10 november 2019.

Ketua LP3M UPN Veteran Jawa Timur, Dr. Indrawati Yuhertiana, MM, Ak, CA, CRA mengatakan bahwa tujuan outbond praktikum bela negara ini diantaranya adalah terwujudnya mahasiswa yang memiliki kemampuan awal bela negara yang integritas, disiplin, berani, pantang menyerah dan mempunyai jiwa kerjasama.

“ Selain itu pendidikan karakter merupakan upaya-upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara sistematis untuk membentuk kepribadian agar memiliki pengetahuan, perasaan, dan tindakan yang berlandaskan pada norma-norma luhur dalam berkehidupan di masyarakat nantinya” tuturnya.

Outbond inilah yang menjadi salah satu pondasi awal untuk kemampuan jiwa bela negara untuk mahasiswa. Oleh karena itu materi – materi yang diberikan antara lain peraturan baris berbaris (PBB) dasar, PBB dalam kelas, pelaksanaan apel pagi dan sore, serta kegiatan outbond meliputi ice breaking, fun game dan adventure untuk melatih fisik dan ketangkasan mahasiswa.

Sementara itu, outbond praktikum bela negara ini diikuti oleh 2752 mahasiswa pengampu mata kuliah Bela Negara dengan 10 TNI dari kodim sebagai pelatih, 28 asisten pelatih dari UKM Pramuka dan Resimen Mahasiswa serta 26 dosen pelatih. Dalam pelaksanaannya diputuskan 2692 mahasiswa lulus praktikum dan 60 mahasiswa tidak lulus dan diwajibkan mengikuti kembali praktikumnya di tahun akademik berikutnya.