Pelayaran Kebangsaan Mahasiswa Indonesia Untuk Samakan Misi Menjadi Kader Bela Negara

Di penghujung tahun 2017, UPN  Veteran Jawa Timur bersama 24 Perguruan Tinggi menggelar acara besar bertajuk “Pelayaran Kebangsaan Bela Negara Mahasiswa Indonesia (PKBNMI) 2017 dan Simposium Internasional dalam Rangka Mendukung Nawacita yang dilaksanakan pada 19 – 23 Desember 2017.

Pelaksanaan PKBNMI ini diikuti oleh 626 mahasiswa dan 105 pendamping dari Universitas Samudra Aceh, Universitas Sembilan Belas November Kolaka, Universitas Musamus Merauke, Politeknik Negeri Indramayu, Universitas Teuku Umar, Politeknik Negeri Batam, Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjung Pinang, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Siliwangi, Politeknik Negeri Maritim Indonesia, Politeknik Negeri Cilacap, Politeknik Negeri Nusa Utara, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua, Universitas Singaperbangsa Karawang, Politeknik Madiun, UPN “Veteran” Jakarta, Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN Jakarta, Universitas Tidar Magelang, Politeknik Negeri Madura, Universitas Negeri Timor, UPN “Veteran” Jawa Timur, UPN “Veteran” Yogyakarta, ISBI Bandung dan Poltek Banyuwangi. Mereka akan berlayar melintasi perairan laut Jawa dan berangkat menggunakan KRI Banjarmasin 592 dari Komando Armada RI Kawasan Timur Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada 20 Desember menuju Komando Lintas Laut Militer Pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta.

Pada upacara pembukaan, Direktur Jenderal (Dirjen) Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Prof. Intan Ahmad, Ph.D., dalam amanatnya menyampaikan bahwa Pelayaran Kebangsaan Bela Negara Mahasiswa Indonesia dan Simposium Internasional ini digelar dalam rangka mendukung Nawacita Tahun 2017.

“Hakekat bela negara yang sesungguhnya adalah semangat untuk membangun bangsa dan negara Indonesia demi kemajuan, kesejahteraan, dan keadilan, menuju masyarakat madani Indonesia yang bermartabat,” ujarnya.

Di era globalisasi ini, agar Indonesia semakin kompetitif, semua potensi yang ada harus dijadikan kekuatan dan dimanfaatkan. Oleh sebab itu amatlah penting bagi kita untuk terus menanamkan dan membangkitkan semangat bela negara, “Tentu hal ini perlu dilakukan sebagai upaya kita untuk mewujudkan visi pembangunan nasional menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, mandiri dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan, sesuai dengan agenda prioritas Nawa Cita.”

“Bagi kita untuk terus membangun dan menjaga karakter bela negara kepada semua insan anak bangsa adalah satu tahapan dalam merealisasikan cita-cita dan harapan seluruh rakyat Indonesia, serta amanat para pendiri juga para pahlawan bangsa,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor UPN Veteran Jawa Timur sekaligus ketua panitia, Prof. Dr. Ir, Teguh Soedarto, MP menambahkan acara pelayaran kebangsaan ini merupakan ajang berkumpulnya mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia. “mereka berlayar selama tiga hari untuk menyamakan persepsi untuk menjadi kader bela negara, dan yang terpenting adalah mereka bisa membangun jiwa nasionalisme untuk mengisi kemerdekaan dengan karya – karya yang bisa berguna bagi nusa dan bangsa”.