Pemantapan Dewan Racana Dan Latihan Pengembangan Kepemimpinan Bersama UKM Pramuka Racana Panglima Sudirman Dan R.A. Kartini

Sabtu (2/2) Ruang bromo, Gedung Rektorat. Para anggota UKM Pramuka UPN Veteran Jawa Timur dengan antusias mengikuti kegiatan Pemantapan Dewan Racana dan Latihan pengembangan kepemimpinan (LPK). Kegiatan ini resmi dibuka oleh Bapak Ir. Mutasim Billah, MS., selaku wakil rektor 3 yang diutus langsung oleh Bapak Rektor untuk membuka kegiatan ini. Dalam sambutannya beliau berharap pramuka dapat bersaing di era milenial, sehingga pramuka tetap terpandang dan dapat meningkatkan kreativitas di tengah revolusi Industri 4.0.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri-pemateri yang sangat luar biasa antara lain dari Andalan Nasional Kwarnas yaitu kak Budi Utomo, Andalan Saka Kwarda Jatim kak Endang Soelistyowati, Waka Kwarda Jatim kak Hariadi Purwantoro, dan salah satu alumni pramuka UPN Veteran Jawa Timur yang sudah melalang buana yaitu kak Puguh. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh para pembina dan para alumni Pramuka UPN lainnya yang membuat acara menjadi lebih berkesan.

Kegiatan pemantapan dewan racana, diperuntukkan untuk para dewan racana pramuka UPN “Veteran” Jawa Timur. Kegiatan ini sekaligus untuk melantik para dewan Racana baru masa kepengurusan 2019, yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian beberapa materi tentang keorganisasian untuk menunjang kinerja dewan Racana dalam mengelola UKM Pramuka UPN Veteran Jawa Timur.

Lain halnya dengan LPK, kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota Racana serta tamu Racana (calon anggota). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter peserta LPK dalam  berorganisasi. Adapun materi-materi yang disampaikan juga tak lepas dari lingkup keorganisasian, antara lain materi  Kepemimpinan yang dalam hal ini disampaikan oleh Andalan Nasional Kwarnas Kak Budi Utomo, kemudian materi tentang Critical thinking yang disampaikan oleh kak Endang Soelistyowati, M. Kes, yang sedikit banyak membuka jalan pikiran peserta LPK perihal bagaimana cara berpikir kritis dalam waktu yang sempit. Sedangkan materi ketiga disampaikan oleh kak Hariadi mengenai Problem solving dan Scout project. Dalam materi ini peserta LPK diajari bagaimana cara menyelesaikan masalah dalam suatu organisasi, serta perencanaan kegiatan terutama dalam bidang kepramukaan. Materi yang terakhir yaitu materi Public Speaking yang disampaikan oleh kak Puguh. Dalam kesempatannya, beliau menyampaikan bagaimana teknik menguasai diri serta audiens ketika harus berbicara didepan publik/umum. Materi ini dirasa sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan maupun keorganisasian.

 Kegiatan ini diharapkan menjadi tradisi tiap tahun untuk membantu para anggota UKM Pramuka UPN Veteran Jawa Timur khususnya untuk mempersiapkan diri dalam berorganisasi maupun dalam kehidupan sehari-harinya. (kontri : Nadya/UKM Pramuka)