Peringatan Hari Bela Negara, Semangat untuk Belajar, Berkreasi dan Berinovasi

Pelaksanaan upacara peringatan hari bela negara di UPN Veteran Jawa Timur berlangsung khidmat. Dipimpin langsung oleh Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT dan diikuti oleh dosen, tenaga pendidik dan mahasiswa semester 1.

Dalam amanatnya rektor menyampaikan momentum hari bela negara ini mengingat kembali peristiwa bersejarah 70 tahun silam, tepatnya 19 desember 1948 dalam peristiwa berdirinya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Berdirinya PDRI diakibatkan Belanda melanggar perjanjian Renville dan melancarakan Agresi Militer II yang menyebabkan dan Soekarno ditangkap  dan Yogyakarta sebagai ibukota Indonesia jatuh ke tangan Belanda.

Namun bangsa Indonesia tidak menyerah, melalui telegram presiden Soekarno memberikan mandate penuh kepada Syafrudin Prawiranegara untuk menjalankan pemerintahan dengan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Bukittinggi, Sumatera Barat. Upaya yang tak kenal menyerah untuk membela negara inilah akhirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia ini bisa tegak berdiri dan berdaulat hingga saat ini.

Selanjutnya, Rektor berpesan kepada dosen, tenaga pendidik dan mahasiswa untuk memiliki kemampuan awal negara negara dan diejawantahkan dalam kehidupan nyata sehari – hari dengan latar belakangnya masing – masing. “semangat bela negara pula kita harus mampu menunjukkan jati diri bangsa Indonesia yang mempunyai semangat belajar, berkreasi dan berinovasi demi tegaknya NKRI dan kemajuan UPN Veteran Jawa Timur”

Setelah upacara, dilanjutkan dengan pemberian sertifikat asesor kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk 20 dosen diantaranya Dra. Sri Wibawani, M.Si, Firza Prima Aditya, S.Kom.,M.Ti dan Siti Mukaromah, S.Kom., M.Kom, pemberian penghargaan kepada mahasiswa berprestasi tahun 2018 untuk UKM Marching Band yang meraih juara I Brass Ensemble, Juara II Marching Percussion di Kejuaraan Bandung Marching Band Championship IX, UKM Taekwondo yang meraih juara umum II Kejuaraan Rektor Cup UPN Veteran Jawa Timur, Progdi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang meraih Juara II Lomba Business Plan Tingkat Nasional Ukuwah Islamic Fair di Palembang, Progdi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang meraih juara III Olimpiade Cerdas Cermat Ekonomi Islam (OCCEI 2018) Bank Indonesia, Progdi Akuntansi yang meraih juara III dalam Accountnizer Writing Competition (ANTIC 2018) di UNDHIKSA Bali dan UKM Paduan Suara yang meraih juara III kategori Gold Paduan Suara pada Festival Paduan Suara Qosidah Rebana dan Singging Competition 2018 UIN Sunan Ampel Surabaya.