Pondasi Awal Nilai Bela Negara dalam Pelatihan Dasar Bela Negara Mahasiswa Bidikmisi

Sebagai universitas dengan sebutan kampus Bela Negara, UPN “Veteran” Jawa Timur diawal tahun ini Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama (BAKPK) mengadakan Pelatihan dasar Bela Negara Mahasiswa Bidik Misi sebagai dasar dari mata kuliah Bela Negara yang dilaskanakan selama 3 hari pada tanggal 10,11,dan 12 Januari 2020. Pembentukan karakter mahasiswa Bela Negara terutama mahasiswa Bidik misi selalu ditekankan oleh UPN Veteran Jawa Timur sejak dini, hal ini terlihat dari diadakan acara Training of Trainers Outbond bela negara “Pelatihan dasar Belanegara Mahasiswa Bidikmisi tahun angkatan 2019 Tahun Akademik 2019/2020” bagi mahasiswa bidikmisi tahun ajaran 2019.

Kegiatan yang diikuti oleh 294 mahasiswa semester 1 mahasiswa bidikmisi tahun Angkatan 2019 dari 7 fakultas ini merupakan program tahunan dari Kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) dan dikhususkan bagi mahasiswa yang menerima bantuan berupa program bidikmisi.

Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT dalam pembukaan pelatihan dasar Bela Negara mahasiswa Bidikmisi tahun angkatan 2019  ini berpesan kepada semua mahasiswa yang mengikuti outbound  untuk menanamkan nilai – nilai bela negara untuk mewujudkan sumber daya manusia unggul yang berkarakter bela negara dan bisa  mengikuti semua rangkaian kegiatan dengan baik, karena kegiatan ini merupakan salah satu pondasi awal yang nantinya diharapkan dapat berguna untuk masing – masing mahasiswa baik masih menjadi mahasiswa UPN atau jauh kedepan setelah menjadi alumni. beliau berpesan pada peserta outbond bela negara angkatan ini untuk bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih jauh yaitu ikut ukm yang ada di UPN khususnya MENWA dan diharapkan dari sekian mahasiswa tersebut ada 20 % yang ikut UKM tersebut, tambahnya

Kemudian Wakil Rektor III, Ir. Sutiyono, MT mengatakan bahwa outbound ini wajib diikuti oleh semua mahasiswa Bidikmisi yang bertujuan diantaranya adalah terwujudnya mahasiswa yang memiliki kemampuan awal bela negara yang integritas, disiplin, berani, pantang menyerah dan mempunyai jiwa kerjasama yang dapat digunakan dimasa mendatang baik masih di bangku kuliah atau kalu sudah kelar nanti.“ Selain itu pendidikan karakter bela negara merupakan upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara sistematis bagi mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur untuk membentuk kepribadian yang tangguh agar memiliki pengetahuan, perasaan, dan tindakan yang berlandaskan pada norma-norma luhur dalam berkehidupan di masyarakat nantinya” tuturnya.

“Outbond inilah yang menjadi salah satu pondasi awal untuk mengasah kemampuan jiwa bela negara bagi mahasiswa. Oleh karena itu materi – materi dasar yang akan diberikan antara lain (PBB peraturan baris berbaris), laporan dalam kelas (sebelum kuliah dimulai atau sesudah selesai), pelaksanaan apel pagi dan sore, serta kegiatan outbond meliputi ice breaking, fun game dan adventure untuk melatih fisik dan ketangkasan mahasiswa” tambah ketua panitia Bapak mardiono

Outbond Pelatihan dasar Bela negara untuk mahasiswa Bidik misi ini bekerjasama dengan Komando Distrik Militer (KODIM 0831) Surabaya Timur sebagai instruktur dan ukm yang terkait dengan beberapa materi antara lain kesiapsiagaan dan kecerdasan mental,kepemimpinan, radikalisme dan (PBB peraturan baris berbaris), laporan dalam kelas (sebelum kuliah dimulai atau sesudah selesai), pelaksanaan apel pagi dan sore yang kesemuanya itu untuk melatih kemampuan dan keberanian masing – masing individu dalam menentukan pilihan.