Pramuka Jadi Garda Terdepan Memperkuat Keutuhan NKRI

Dalam rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru 2019, UPN Veteran Jawa Timur melaksanakan Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke 58 Tahun 2019 yang diselenggarakan di halaman timur Gedung Serbaguna Giriloka, Rabu (14/8). Dalam apel besar yang diikuti oleh 3.512 mahasiswa baru UPN Veteran Jawa Timur.

Membawa tema “Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”, Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT selaku pembina apel menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus menjadi garda terdepan untuk memperkuat menjaga keutuhan NKRI. Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi Perekat dan siap membangun keutuhan NKRI.  Karena itu, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah.

“Peringatan Hari Pramuka yang ke-58 Tahun 2019 ini juga akan diramaikan dengan kegiatan bakti masyarakat yang ber-tag line “Pramuka Bersih Negeri” kegiatannya meliputi aksi donor darah, penetapan bulan Agustus sebagai bulan Bakti Pramuka dengan melaksanakan kegiatan bakti diantaranya; pencetusan Komitmen Gerakan Pramuka untuk mengurangi sampah plastik, aksi bersih pantai, laut, sungai, penghijauan, dan lain-lain” ujar Rektor.

Tujuan dari kegiatan pramuka itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku. Dengan begitu, maka akan diperoleh suatu anggota pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana. Selain itu, juga akan menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kemudian Rektor pun berharap Gerakan Pramuka tetap semangat, selalu produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya, dan selalu menjadi generasi muda yang terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini. “UPN Veteran Jawa Timur mendorong kemajuan Gerakan Pramuka melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka, dimana mahasiswa khususnya mahasiswa baru bisa mengembangkan kemampuan, keterampilan dan potensi diri melalui pramuka”

Setelah Apel Besar, UKM Pramuka juga unjuk kebolehan dengan aksi pemadaman kebakaran yang bekerja sama dengan Unit Pemadam Kebakaran Gunung Anyar Surabaya dan aksi penurunan korban bencana (vertical rescue) yang bekerja sama dengan Badan SAR Nasional.