Prof. Indrawati Yuhertiana Dikukuhkan Menjadi Guru Besar ke 14 UPNVJT

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis sekaligus Kepala Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M), Prof. Dr. Indrawati Yuhertiaana, MM.Ak.,CA.,CMA dikukuhkan menjadi Guru Besar UPN Veteran Jawa Timur bidang Ilmu Akuntansi pada acara Rapat Terbuka Senat UPN Veteran Jawa Timur, Kamis (08/04).

Dalam acara pengukuhan Guru Besar yang digelar di auditorium Widya Mwat Yasa Gedung Kuliah Bersama UPNVJT ini, Prof Indra, menuturkan saat orasi ilmiahnya tentang Implementasi Nilai – Nilai Bela Negara Dalam Akuntansi : Perspektif Akuntansi Keperilakuan.

“Akuntansi Bela Negara dikembangkan oleh Jurusan Akuntansi UPN Veteran Jawa Timur sejak sembilan tahun yang lalu. Berbagai seminar, diskusi, penelitian dilakukan untuk mengelaborasi nilai-nilai bela negara dalam keilmuan akuntansi. Perjalanan panjang ini, masih belum berakhir, sampai detik ini. Bela negara adalah sebuah hal yang dinamis, selalu menemukan tantangannya dalam masa ke masa” tuturnya.

Kemudian, prof indra menjelaskan bahwa orasi ilmiah ini bertujuan untuk mengurangi perilaku disfungsional dalam profesi akuntansi (keuangan, audit, yang terkait dengan akuntansi) perlu dilakukan internalisasi nilai-nilai bela negara, “Internalisasi nilai-nilai Bela Negara ini perlu secara khusus dimasukkan dalam mata kuliah tersendiri, yaitu Akuntansi Bela Negara atau bisa disisipkan, menjadi bagian dalam mata kuliah Etika Akuntansi, Audit, Akuntansi Keuangan dalam bentuk studi kasus atau project case study terkait implementasi nilai-nilai bela negara dan Internalisasi Bela Negara perlu diwujudkan dalam tindakan dan bukti nyata melalui pemenuhan rubrik nilai-nilai bela negara yang lebih mengarah pada profesi keakuntansian”.

Internalisasi nilai-nilai bela negara, tidak hanya untuk profesi akuntansi, tidak hanya untuk mahasiswa akuntansi tetapi untuk kita semua. Tidak hanya untuk dosen akuntansi, tetapi semua dosen di semua prodi. Tidak hanya tendik akuntansi tetapi semua tendik prodi dan Universitas. Jadi yang perlu melakukan internalisasi nilai-nilai bela negara tidak hanya mahasiswa, tetapi juga pendidik dan tenaga kependidikan. “Tentu saja manajemen dan pimpinan perguruan tinggi memegang peranan penting sebagai pengambil kebijakan. Kita semua sebagai bangsa Indonesia, seperti yang telah diamanatkan Undang-Undang Dasar 1945 wajib melakukan bela negara” lanjut Prof. Indra.

Sementara itu, Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT memberikan selamat dan apresiasi setinggi – tingginya atas diraihnya gelar Guru Besar kepada Prof. Indra. “Prof Indrawati ini merupakan Guru Besar ke 14 di UPN Veteran Jawa Timur, dan Guru Besar ke 5 Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dengan adanya tambahan 1 Guru Besar ini, kami sungguh sangat bahagia dan lebih optimis bahwa UPNVJT akan bergerak lebih maju karena adanya tambahan energi keilmuan yang disumbangkan para Guru Besar”.

Lebih lanjut, Rektor berharap 112 Doktor yang ada di UPNVJT lebih termotivasi untuk segera mengurus Guru Besar. “saat ini tersisa 9 Guru Besar yang masih aktif. Hal ini tentu masih sangat minim mengingat perkembangan kampus bela negara ini, namun kami berharap pada Doktor yang ada di UPNVJT bisa termotivasi oleh pada Guru Besar untuk mengejar gelar Guru Besarnya agar bisa mengantarkan UPNVJT menjadi research excellent” tutup Rektor.

SIADU :: Sistem Informasi Aduan