Rektor Baru, Harapan Baru UPN Veteran Jawa Timur

Proses Pemilihan Rektor UPN Veteran Jawa Timur masa bakti 2018 – 2022 telah mencapai puncaknya pada Rapat Senat Tertutup Pemilihan Rektor UPN Veteran Jawa Timur(19/10). Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT telah terpilih menjadi Rektor UPN Veteran Jawa Timur masa bakti 2018 -2022 menggantikan Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, MP.

Proses pemilihan rektor ini berlangsung secara kondusif dan tertib. Acara ini dihadiri oleh 25 orang anggota senat yang dipimpin oleh ketua senat, Prof.Dr.Ir.Soemargono,SU dan perwakilan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Dr.Ir Patdono Suwingnjo. M.Eng, Sc selaku Dirjen Kelembagaan.

Ketua senat menyampaikan proses pemilihan rektor ini dipilih berdasarkan proses dan persiapan yang matang, dimana ada beberapa tahapan mulai dari penjaringan Bakal Calon Rektor, penyampaian visi misi dan pemilihan bakal calon rektor. “dari 5 bakal calon rektor ini terpilih 3 calon rektor yang akan kita pilih hari ini melalui pemungutan suara yakni Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT, Prof. Dr. Ir. Syarif Imam Hidayat, MM dan Dr. Drs. Lukman Arief, MSi” tuturnya.

Pemungutan suara dipilih menjadi metode pemilihan rektor dan diikuti oleh 25 anggota Senat UPN “Veteran” Jawa Timur dan anggota dari Kemenristekdikti. Senat UPN Jatim memiliki hak suara sebanyak 65% dan Kemenristekdikti memiliki hak suara sebanyak 35%. Jika ditotal, senat memiliki 25 suara dan Kemenristekdikti memiliki 13 suara.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor, Drs. Ec. Rahman Amrullah Suwaidi, MS menyatakan dalam pemungutan suara, terpilih Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT sebagai Rektor baru UPN Veteran Jawa Timur. “ Prof Akhmad Fauzi mendapatkan 29 suara, sedangkan Prof Syarif Imam Hidayat 6 suara dan Dr. Lukman 3 suara.”.

Selanjutnya, proses pemilihan rektor ini akan dilanjutkan dengan pelantikan Rektor UPN Veteran Jawa Timur oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada beberapa hari mendatang.