Siapkan Kader Bela Negara Yang Unggul, Resimen Mahasiswa UPNVJT Gelar Pradiklatsar 73

Sebagai kampus yang mempunyai visi menjadi universitas unggul berkarakter bela negara UPN “Veteran” Jawa Timur, UKM Giri Yudha Bhakti Satmenwa 806 melaksanakan upacara penutupan Pra-Pendidikan dan Latihan Dasar ke LXXIII (Pradiklatsar 73) Satmenwa 806/Giri Yudha Bhakti bagi anggota baru yang berjumlah 20 mahasiswa yang bertempat di halaman gedung Rektorat, Rabu (22/01). Dalam upacara tersebut dihadiri perwakilan Koramil Rungkut, pihak kemahasiswaan, Skomen Mahasurya, dan alumni Satmenwa 806.

Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan Kerjasama Ir. Sutiono MT, dalam upacara pembukaan dan Penutupan Pradiklatsar ke 73 mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada para pembina, semua pengampu kegiatan baik dari UPN sendiri, TNI Polri dan para anggota satmenwa. ”Selamat pada para peserta didik baru anggota Satmenwa 806 yang Untuk mengikuti pradiklatsar ke 73 tersebut, sebagai kampus yang diamanatkan pemerintah kampus belanegara bahwa pelaksanaan Pradiklatsar ini sangat perlu dilakukan karena UPN sendiri telah ditantang oleh pemerintah untuk mencetak kader kader belanegara yang unggul,  kedepan nantinya dapat membentengi dirinya dan lingkunganya dari ancaman ancaman paham yang dilarang oleh negara, dan UPN sendiri telah ditarget oleh kementerian pertahanan bahwa minimal ada 200 Anggota baru dari UKM ini khususnya yang tiap tahunnya yang siap akan dididik oleh kemenhan untuk mengikuti pendidikan lebih lanjut tentang Kebelanegaraan”.

Ditempat terpisah Rektor UPN “Veteran” Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi,MMT mengatakan bahwa sebagai kampus belanegara UPN menantang UKM Giri Yudha Bhakti untuk merekrut anggota baru minimal 200 orang tiap angkatan untuk menjadi anggota baru yang nantinya kedepan akan dididik lebih lanjut di kementerian pertahanan untuk mengikuti pendidikan lebih lanjut tentang kebelanegaraan dan wawasan kebangsaan lainnya target dari pemerintah tersebut UPN harus berani menjawab tantangan tersebut.

Sementara itu, M. Ali Rafif Widyatmoko, Ketua SatMenwa 806  menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan acara rutin tiap tahun setiap ada anggota baru wajib mengikuti kegiatan Pradiklatsar tersebut dengan salah satu tujuan meningkatkan jiwa korsa yang tinggi dalam suatu organisasi terutama UKM Menwa dan membekali calon Anggota baru untuk mengikuti kegiatan pendidikan lanjutan yang akan dilaksanakan di awal bulan pebruari untuk membentuk karakter awal belanegara, wawasan kebangsaan.

Pra-Pendidikan dan Latihan Dasar ke “LXXIII”  dilaksakan di inkampus dan outkampus yang meliputi materi kedisiplinan  kasamaptaan, leadership, PBB, Tatacara Upacara, PPBN, wawasan kebangsaan, Anti Radikalisme,dan berbagai materi lainya tentang kemenwaan  yang pelaksanaanya dilaksanakan selama 6 hari penuh dimulai dari tanggal 17-22 Januari 2020. (ali)