Upacara Pembukaan Pradiklatsar Menwa, Rektor : Menwa harus Jadi Salah Satu Pondasi Pembentukan Karakter Kampus Bela Negara

Unit Kegiatan Mahasiswa Resimen Mahasiswa (UKM Menwa) UPN Veteran Jawa Timur melaksanakan Pra Pendidikan dan Latihan Diklatsar ke LXXIV untuk anggota baru. Hal ini ditandai dengan upacara yang diikuti oleh 20 anggota baru, Jumat (25/06) di Gedung Serbaguna Giriloka.

Dalam upacara tersebut dihadiri oleh undangan baik dari kalangan civitas akademika Warek 3, Warek 2 maupun dari TNI Polri sebagai pengampu kegiatan ini.

Agenda Pra Pendidikan dan Latihan Dasar (Pradiklatsar) ini merupakan kegiatan tahunan yang bersifat wajib untuk anggota baru.  Setiap anggota baru wajib mengikuti kegiatan Pradiklatsar tersebut dengan tujuan meningkatkan jiwa korsa yang tinggi dalam suatu organisasi UKM, terutama UKM Menwa serta membekali calon Anggota baru untuk mengikuti kegiatan pendididkan lanjutan yang akan dilaksanakan di awal bulan Oktober untuk membentuk karakter awal belanegara dan wawasan kebangsaan. Kegiatan ini dilaksakan di inkampus dan outkampus yang meliputi materi kedisiplinan, kasamaptaan, leadership, PBB, Tatacara Upacara, PPBN, wawasan kebangsaan, Damkar dan berbagai materi lainya tentang kemenwaan  yang dilaksanakan selama 6 hari penuh dimulai dari tanggal 25-30 Juni 2021.

Dalam amanat upacara, Rektor UPN Prof.Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT selaku inspektur upacara menyampaikan Diharapkan dengan adanya pendidikan ini dapat mencetak penerus regenerasi organisasi Resimen Mahasiswa yang lebih baik. “Jumlah anggota menwa harus ditingkatkan, yang saat ini jumlahnya beregu, harus ditingkatkan menjadi peleton bahkan kalo bisa batalyon. Karena UKM Menwa ini menjadi salah satu pondasi pembentukan karakter bela negara di UPN Veteran Jawa Timur” tegasnya.

Kemudian, Rektor menambahkan Diklat ini bisa mengembangkan dan mengajak anggota – anggota baru serta mengembangkan paradigma menwa yg dulunya tidak hanya pelatihan fisik, tapi juga pengembangan keilmuan dan kreatifitas. “Resimen Mahasiswa harus bisa menyatu dengan keilmuan dan kampusnya, tidak hanya kesiapan fisik, tetapi juga pengembangan keilmuan, kreatifitas dan inovasi untuk mendukung terciptanya mahasiswa – mahasiswa yang unggul dan berkarakter bela negara” tutup Rektor.

SIADU :: Sistem Informasi Aduan