UPNVJT Gelar UTBK-SBMPTN, Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

UPN Veteran Jawa Timur menjadi salah satu Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021 dan menggelar UTBK bersama UINSA. Sebanyak 7590 peserta akan melaksanakan tes UTBK pada 2 gelombang di 12 – 18 April dan 26 April – 2 Mei.

Dalam pantuan yang dilakukan oleh Wakil Rektor I, Wakil Rektor II dan Wakil Rektor III serta Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB), pelaksanaan UTBK hari pertama (12/4) ini berlangsung lancar. Rombongan melihat secara langsung pelaksanaan UTBK di 7 gedung UPNVJT dan 2 di UINSA.

“Alhamdulillah pelaksanaan UTBK hari ini lancar tidak ada halangan yang berarti, meskipun ada beberapa peserta yang tidak hadir, 5 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 3 di Fakultas Pertanian, 1 di Gedung TIK dan 1 di Fakultas Teknik. Namun secara keseluruhan 98% peserta hadir dan melaksanakan UTBK” jelas Dr. Ir. Sukendah, MSC, Wakil Rektor 1 bidang Akademik UPNVJT sekaligus Ketua Panitia Pusat UTBK UPNVJT.

Sementara itu, di masa pandemi Covid-19 pelaksanaan UTBK di UPNVJT tetap melaksanakan protokol secara ketat. Beberapa strategi dan pengaturan disiapkan untuk penerapan protokol kesehatan baik untuk peserta, panitia dan pengawas.

Berdasarkan hasil rekomendasi dari Walikota Surabaya, Pusat UTBK UPNVJT menerapkan protokol kesehatan seperti pengukuran suhu tubuh untuk peserta baik di gerbang pintu masuk UPNVJT dan saat masuk gedung lokasi UTBK, kemudian peserta masuk ruang transit sebelum pelaksanaan UTBK dimulai, tentunya tetap dengan menjaga jarak antar peserta.

“Selain itu, setiap peserta wajib memakai masker medis, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, cek suhu tubuh, tidak berjabat tangan dan menjaga jarak. Begitupula saat masuk dan keluar ruangan akan diatur sedemikian rupa oleh petugas. Hari ini terlihat bisa berjalan dengan baik dari pemantauan kali ini,” tegasnya.

Wakil Rektor I berharap peserta bisa tetap fokus dalam mengerjakan tes UTBK tanpa terganggu dengan penerapan protokol kesehatan di pusat UTBK UPNVJT. Sehingga nantinya bisa mendapat nilai dan hasil yang maksimal dan bisa masuk ke universitas yang dipilih.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun 2021 berlangsung dalam dua gelombang yang mana setiap harinya akan dilakukan dua sesi ujian terbagi dipagi dan siang hari. Dimana gelombang pertama dimulai tanggal 12 hingga 18 April. Berlanjut pada gelombang kedua yang sesuai agenda akan kembali digelar di tanggal 26 April sampai dengan 02 Mei tahun 2021.

SIADU :: Sistem Informasi Aduan