UPNVJT Virtual Edufair 2021 : Kenal Lebih Dalam Kampus Bela Negara untuk Mahasiswa Baru

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur menggelar expo kampus bertajuk “UPNVJT Virtual Edu Fair” pada 19, 26 Februari dan 5 Maret 2021. UPNVJT Virtual Edu Fair adalah pameran pendidikan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur yang diadakan pertama kali secara virtual untuk calon mahasiswa baru, orang tua, dan guru seIndonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian program kegiatan sosialisasi dan promosi Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UPN “Veteran” Jawa Timur tahun 2021 sebagai strategi mempromosikan kampus di masa pandemi ini. Adapun maksud kegiatan UPNVJT Virtual Edu Fair 2021 ini adalah untuk mengenalkan profil UPN “Veteran” Jawa Timur sebagai Perguruan Tinggi Negeri kepada masyarakat secara luas, khususnya calon mahasiswa baru untuk bisa lebih yakin dalam memilih fakultas dan program studi yang ada di UPN Veteran Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan animo calon mahasiswa agar memilih UPN “Veteran” Jawa Timur sebagai pilihan mereka saat mendaftar kuliah baik di jalur SNMPTN, SBMPTN ataupun Mandiri.

Di sesi pertama 19 Februari, acara dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT, Rektor UPN Veteran Jawa Timur sekaligus memberikan gambaran umum perkembangan terkini kampus bela negara UPN Veteran Jawa Timur..Kemudian acara dilanjutkan dengan pengenalan fakultas dan program studi di UPNVJT, yaitu: a. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Arsitektur dan Desain.

Expo fakultas berisi informasi tentang profil fakultas, profil program studi, profil dosen,  kurikulum, fasilitas, kegiatan mahasiswa, prestasi mahasiswa, kehidupan  kampus, biaya kuliah, dsb. Selain expo fakultas, hadir juga alumni UPN “Veteran” Jawa Timur yang berbagi pengalaman saat menjadi mahasiswa dan lulus sebagai alumni sukses yang membangun start up, serta expo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) diantaranya UKM E-Sport dan Resimen Mahasiswa (Menwa).

Selain itu, UPNVJT juga berbagi tips dan trik tembus masuk UPNVJT di jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri dengan memberikan presentase keketatan masing – masing program studi, strategi memilih program studi dan program studi favorit dalam periode 5 tahun penerimaan mahasiswa baru.

Proses siaran virtual dilakukan di studio UPN TV yang terletak di gedung FISIP lantai 3 dan disiarkan melalui aplikasi video conference ZOOM dan live streaming  di kanal youtube UPN Veteran Jawa Timur Official. Acara berlangsung interaktif karena peserta dapat bertanya langsung via chat ZOOM kepada narasumber. Tayangan ulang UPNVJT Virtual Edufair Sesi 1 dan 2 telah diunggah di Youtube dan bisa ditonton ulang oleh calon mahasiswa baru.

PPMB UPNVJT berharap acara serupa bisa digelar secara rutin setiap tahun saat periode penerimaan mahasiswa baru di bulan Januari – Juli, dengan inovasi yang lebih baik lagi kedepannya, agar calon mahasiswa baru bisa mengenal lebih dalam tentang detail fakultas, program studi dan bidang keilmuan yang mereka pilih di UPN Veteran Jawa Timur.

 

SIADU :: Sistem Informasi Aduan