Gelar Produk Unggulan Pesisir Surabaya, Kerjasama UPN Jatim Dengan Pemkot Surabaya

Salah satu bentuk perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi dibidang pengabdian kepada masyarakat, UPN Veteran Jawa Timur yang bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPEKO) Pemkot Surabaya menyelenggarakan Gelar Produk Unggulan dan Bazaar Ramadhan di Kelurahan Bulak,Surabaya (28/5).

Bertemakan Sunrise Of Bulak Surabaya ini merupakan puncak dari kegiatan penyuluhan dan pendampingan tim UPN Veteran Jawa Timur yang dimotori Dr. Ignatia Martha Hendrati, SE, ME kepada masyarakat kecamatan Bulak. Selama 3 bulan, program tersebut dimulai dengan penyuluhan dan pendampingan pembuatan produk lokal sampai dengan Penyusunan Bussines plan yang dapat bersaing daya tinggi dengan berbasis UKM di wilayah pesisir utara Surabaya.

“Dengan program kerjasama ini tujuan utamanya adalah memberikan strategi pengembangan bisnis sehingga produk – produk masyarakat Bulak ini bisa menjadi menjadi prioritas pengembangan ekonomi masyarakat di Kota Pahlawan dan bisa go internasional” tutur Martha.

Pendampingan yang diberikan UPN Veteran Jawa Timur antara lain mengubah pandangan mereka agar memiliki semangat kewirausahaan yang tinggi dengan membekali mereka dengan skill untuk memproduksi pengolahan makanan, standar pengemasan, produk, kebersihan, serta rencana pengembangan bisnis sampai memanajemen usaha mereka, supaya dapat berdaya saing tinggi yang nantinya dapat meningkatkan taraf hidup mereka.

Dalam sambutannya, Rektor UPN “Veteran” Jawa Timur Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT berterimakasih kepada semua masyarakat yang telah menjadi bagian dari program pengabdian kepada masyarakat UPN Veteran Jawa Timur.  “program ini harus kita apresiasi karena hasilnya dapat dirasakan langsung masyarakat sekitar, program ini juga wajib diteruskan dimasa mendatang, karena masyarakat harus tahu bagaimana cara mengenalkan produk mereka dengan basis UKM sehingga produk –  produk mereka bisa berdaya saing tinggi dan menjadi produk unggulan dipesisir kota Surabaya” jelasnya.

 

Ery Cahyadi, kepala BAPPEKO mengatakan perkembangan ekonomi yang ada di kota Surabaya khususnya di daerah Bulak benar – benar tumbuh dari warga setempat. ”Salah satu dari stan disini yang omzetnya sudah mencapai Rp10 juta per bulan. Artinya, pendampingan yang dilakukan oleh tim terkait terutama dari teman teman  UPN “Veteran” Jawa Timur ini  sudah berhasil dan sudah ada pengakuan dari konsumen dengan dipasarkannya produk – produk Bulak di pasar modern”.