KKCTBN 2022, Inovasi Teknologi Perkapalan Digital Dan Augmented Reality Untuk Mendukung Pertahanan Keamanan Nasional

Setelah sukses menggelar Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) pada 31 Oktober – 3 November, pada 11 -15 November ini UPN Veteran Jawa Timur yang bekerja sama dengan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menggelar Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKBTBN) 2022.

100 peserta dari 31 perguruan tinggi (PT) se-Indonesia yang sudah terseleksi mengikuti KKCTBN dan ikut melaksanakan upacara pembukaan di boozem UPN Veteran Jawa Timur, Jumat. (11/11).

KKCTBN merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek Indonesia. Pada kegiatan tahun ini KKCTBN mengusung tema “Inovasi Teknologi Perkapalan Digital Dan Augmented Reality Untuk Mendukung Pertahanan Keamanan Nasional”, yang mana kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa, masyarakat, dan bangsa dalam sumbangsih pemikiran pembuatan inovasi teknologi kemaritiman, digital, autonomous, dan augmented reality untuk mendukung kemandirian pertahanan dan keamanan negara.

Ketua panitia KKCTBN 2022, Prismahardi Aji Riyantoko, S.Si, M.Si menjelaskan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2022 ini merupakan salah satu agenda lomba inovasi teknologi desain, pembuatan, dan performa prototype dibidang teknologi perkapalan-maritim. “Lomba ini ditujukan bagi mahasiswa, yang didukung oleh akademisi, praktisi, dan institusi untuk memberikan sumbangsih pemikiran. Perlombaan KKCTBN tahun 2022 secara umum terbagi atas tiga katagori kontes: 1) Lomba Desain Kapal Militer, dan 2) Lomba Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal Militer ASSD (Autonomous Semi-Submarine Drone / Kapal Kendali Otomatis); ERC (Electric Remote Control / Kapal Cepat Listrik dengan Sistem Kendali Jauh); FERC (Fuel Engine Remote Control / Kapal Cepat Berbahan Bakar dengan Sistem Kendali Jauh)”

Kemudian, dalam sambutannya, Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT.,IPU memberikan apresiasi pada setiap ajang kompetisi mahasiswa nasional dalam semua bidang, termasuk Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional. “Indonesia merupakan negara maritim, sehingga sangat membutuhkan kontribusi semua elemen bangsa dalam mengelola perairan laut Indonesia beserta isinya. Kegiatan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional ini merupakan salah satu wahana penguasaan teknologi kemaritiman untuk menjaga keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara” tegas Rektor.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Tjijik Srie Tjahjandarie, Ph.D yang turut serta hadir dalam pembukaan acara KKCTBN 2022, berpesan bahwa semua yang telah menjadi finalis adalah juara yang telah berjuang keras untuk menghasilkan karya cipta yang luar biasa. Selain itu, menurutnya KKCTBN merupakan ajang talenta yang penting untuk menumbuhkan inovasi di bidang pertahanan nasional.

SIADU :: Sistem Informasi Aduan