KMHE 2022, Ajang Tumbuh Kembang Ide Inovatif Bangun Industri Mobil Hemat Energi

prosesi pengguntingan rangkaian bunga sebagai simbol dibukanya KMHE 2022

Gelaran Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2022 resmi dibuka pada Senin, (31/10). Ditandai oleh pengguntingan rangkaian bunga oleh Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek, Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, M.T. bersama Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT.,IPU dan Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) Kemendikburistek, Asep Sukmayadi, S.IP di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Sejak dimulainya KMHE pada tahun 2012, telah dilalui dengan berbagai liku, perubahan, dan kemajuan di setiap tahunnya. Ide-ide kreatif dari semua tim yang berprestasi terus bermunculan seiring dengan perkembangan dan isu-isu global yang ada.

Derasnya publikasi dan kampanye internasional untuk mendesak perlakuan nyata terhadap perubahan iklim dan ketahanan energi menjadikan peran KMHE sangat penting sebagai salah satu perwujudan nyata dan kepedulian Pendidikan Tinggi dalam mengatasi perubahan iklim dan dampaknya.

Ketua Panitia KMHE 2022, Dr. Wahyu Dwi Lestari, S.Pd.,MT. mengatakan KMHE pada tahun 2022 ini diselenggarakan oleh UPN Veteran Jawa Timur dan Puspresnass dengan mengusung tema Hemat Energi dengan Inovasi.” Serangkaian even KMHE 2022 dimulai dari kegiatan sosialisasi yang dilakukan pada tanggal 12 Agustus 2022, Sebelumnya semua peserta KMHE telah melalui berbagai tahapan yang panjang sehingga tersaring sesuai kesepakatan dari Puspresnas, Tim Juri dan Panitia, bahwa pada tahun ini sebanyak 40 tim untuk mengikuti proses final KMHE di Gelora Bung Tomo ini” ujar Wahyu.

Suasana paddock team KMHE 2022

Dari hasil seleksi ini didapatkan 40 tim yang lolos final yang berasal dari 29 Perguruan Tinggi. Tim-tim tersebut yaitu 5 tim dari kelas prototype MPD gasoline, 5 tim dari kelas prototype MPD Diesel, 4 tim dari kelas prototype MPD Etanol, 6 tim dari kelas prototype motor listrik, 5 tim dari kelas urban concept MPD Gasoline, 4 tim dari kelas urban concept MPD Diesel, 5 tim dari kelas urban concept MPD Etanol, 6 tim dari kelas urban concept motor listrik.

Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT.,IPU mengapresiasi kegiatan KMHE 2022 yang merupakan salah satu tonggak penting perkembangan Mobil Hemat Energi di Indonesia. Kontes ini menjadi ajang strategis dalam menarik minat mahasiswa dalam berkreasi, berinovasi, dan berkompetisi demi mewujudkan era baru mobil hemat energi. “KMHE menjadi wadah untuk menyuarakan aspirasi dan kontribusi mahasiswa serta perguruan tinggi sebagai upaya refleksi dan berbenah diri dalam penyusunan dan perbaikan kurikulum pendidikan tinggi yang dapat bersaing dan terus berkompetisi dengan kebutuhan industri”

tim Delta Vox dengan mobil Kalimasada, perwakilan UPNVJT di KMHE 2022

“Besar harapan, tidak hanya sekedar hemat energi, akan tetapi adik-adik kita ini dapat memberikan inovasi di tengah gempuran modernisasi dan globalisasi. Tanpa inovasi, kita akan sulit bergerak dan menaruh produk kita di hati masyarakat Indonesia. Inovasi dalam mewujudkan Mobil Hemat Energi untuk Indonesia Berdikari” harap Prof Fauzi.

SIADU :: Sistem Informasi Aduan