Lakukan Wisuda Daring saat PPKM, Rektor Tekankan Sikap Positif dan Peningkatan Daya Saing kepada Wisudawan

UPN Veteran Jawa Timur melaksanakan Rapat Senat Terbuka Wisuda Sarjana 82 dan Pascasarjana 44 periode III tahun akademik 2020/2021, Selasa (27/3). Berbeda dengan pelaksanaan wisuda bulan februari yang dilaksanakan secara hybrid daring dan luring, pelaksanaan wisuda kali ini berlangsung secara Virtual Daring karena kondisi pandemi covid-19 dan pemberlakuan PPKM Level 4.

Wisuda Sarjana 82 dan Pascasarjana 44 ini diikuti secara virtual oleh 670 wisudawan yang terdiri dari 652 orang Sarjana dan 18 orang Wisudawan Program Pascasarjana. 670 wisudawan tercatat 417 (62,5%) berpredikat Cumlaude/Pujian dengan lulusan termuda, yaitu Putri Nabilah Apta Prabasa, berusia 21 tahun dari Prodi Akuntansi, IPK 3,65, Arga Febri Andika Putra berusia 20 tahun dari Prodi Magister Akuntansi, IPK 3,84 serta Lulusan Terbaik Program Sarjana dengan IPK 3,97, Khusnul Prasetyo dari Prodi Administrasi Publik dan Lulusan Terbaik Program Magister dengan IPK 4,00, Alif Faruqi Febri Yanto dari prodi Magister Akuntansi.

Dalam sambutan dan laporan pendidikan, Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT menyampaikan selamat kepada wisudawan Program Magister dan Program Sarjana atas keberhasilannya dalam menempuh pendidikan di Kampus Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur. “Kepada orang tua dan keluarga wisudawan/wati, saya juga menyampaikan terimakasih atas kepercayaannya kepada UPN “Veteran” Jawa Timur dan keberhasilannya dalam membimbing putra-putrinya sehingga dapat menyelesaikan studinya dan diwisuda pada pagi hari ini”.

Selanjutnya, Rektor menyampaikan bahwa Wisuda bukan berarti purna tugas dari kita semua untuk berhenti belajar, namun sebaliknya, ilmu yang sudah anda dapatkan di kampus ini harus dikembangkan, diamalkan untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin komplek ke depan. “Peningkatan kompetensi dalam bidang keilmuan harus terus dilakukan agar saudara memiliki daya saing, namun semua itu harus diikuti dengan selalu menjaga untuk memiliki sikap yang positif. Sikap yang positif adalah magnet bagi hasil yang positif. Kehidupan kita adalah refleksi dari sikap kita. Sikap atau Atittude  yang baik membantu kita untuk bisa diterima di berbagai jenis lingkungan dengan jenis dan tipe orang yang berbeda-beda.” Ujar Rektor.

Sementara itu, dalam kesan pesan wisudawan, Khusnul Prasetyo menyampaikan bahwa nanti setelah wisuda, wisudawan di dunia luar akan dihadapkan dengan berbagai macam orang dengan karakter, kemampuan, keahlian, minat, dan bakat mereka masing-masing. “Tiap orang berbeda. Saat melihat ada yang lebih sukses, jangan serta merta mengikuti jalan yang dia tempuh. Setiap dari kita punya jalur yang berbeda. Yakinlah pada diri sendiri, bicara dan temukan apa yang kita inginkan, karena jalur itu yang akan membawa kita pada kesuksesan”.

SIADU :: Sistem Informasi Aduan