Semangat RA Kartini, Inspirasi Bagi Wanita Era Pendidikan 4.0

UPN Veteran Jawa Timur melaksanakan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Kartini di halaman gedung Rektorat, Senin (22/4). Bertindak sebagai inspektur upacara, Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT dan diikuti oleh dosen, tenaga pendidik, perwakilan unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer.

Menariknya, petugas upacara kali ini dilakukan oleh dosen dan tenaga pendidik wanita dari fakultas Ilmu Komputer. Membawa tema “Semangat RA Kartini, Inspirasi bagi Wanita Era Pendidikan 4.0”, Rektor dalam amanatnya menyampaikan bahwa RA Kartini merupakan pelopor kebangkitan kaum wanita di Indonesia.

“Hal – Hal yang perlu kita teladani dari RA Kartini diantaranya di usia yang masih sangat muda yakni 25 tahun, Kartini sudah menghasilkan prestasi yang luar biasa yang merubah dunia. Pemikiran, kecerdasan dan kepedulian Kartini, menginspirasi banyak orang untuk melakukan revolusi peradaban dunia terhadap kaum wanita menuju kesetaraaan gender dan Kartini tidak hanya mendalami ilmu umum, Bahasa dan sastra namun ilmu agamanya sangat bagus berkat asuhan Kyai Sholeh Darat seorang Waliyullah di Semarang”

Kemudian, Rektor menambahkan bahwa sikap kartini ini juga harus diterapkan di dalam kehidupan kampus agar pemikiran dan kecerdasannya bisa menginspirasi dan meningkatkan kinerja baik untuk dosen dan tenaga pendidik untuk menghadapi era Pendidikan 4.0.

Dalam upacara kali ini pun Rektor memberikan penghargaan kepada beberapa mahasiswa  diantaranya kejuaraan Nasional Pencak Silat Championship untuk Refayana Arista / Agroteknologi (Juara II tanding A putri), Moch. Fatkhur Rahman / Agribisnis (Juara III tanding A putra) Alvin Aringga / Manajemen (Juara III tanding D putra) Muhamad Noer Cholik (Juara III tanding F putra) Candra Uswatun Nisa / Agroteknologi (Juara III tanding C putri) Mohammad Khoirul Azmir / Teknologi Pangan (Juara II tanding B Putra), kejuaraan Delta Marching open Festival Indonesia XVI di GOR Delta Sidoarjo untuk UKM Marching Band (Juara I Drum Battle) Laili Khikmawati / Administrasi Negara dan Kurnia Bellasasi / Agribisnis (Juara I IC Clolor Guard Putri, Juara II IC Quintom dan Juara III IC PIT), Keuaraaan AMPI Taekwondo Championship di GIR Amongrogo Yogyakarta untuk Bagus Abdurrahman Dzaki / Agribisnis (Juara I 80kg Senior Putra), Kejuaraan Taekwondo Prov. Jawa Timur di GOR Untung Suropati, Pasuruan untuk Garfinka Annur / Administrasi Bisnis (Juara I 53kg Senior Putri) Ni Luh Putu Ardhanaresvari / Teknik Kimia (Juara I 73kg Senior Putri) Elda Fitria Asmaul Khusna / Administrasi Bisnis (Juara I 54kg Semi Prestasi Putri) Kurnia Dinna Mafullah / Arsitektur (Juara II 42kg Semi Prestasi Putri) Ardina Sagita Ramadhani / Sistem Informasi (Juara II 48kg Semi Prestasi Putri), Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Fak MIPA Sumatera Utara untuk Yesi Mustikaningsih, Vefi Maryani dan Nurul Fadilla / Agribisnis (Juara III), Lomba Sketsa Arsitektur untuk Rahman Akbar Sayekti / Arsitektur (Juara I) Kejuaraan Business Plan Competition Manfest 2019 di FEB Universitas Riau untuk Roudlotul Badi’a / Manajemen, Adi Siswoto / Manajemen, M. Dzikrullah / Agroteknologi (Juara I) dan Penghargaan Pengelola Lab. Geleri di Jakarta untuk Max Rery Hendrik / Manejemen (Juara III Best Overall).