Workshop Bersama SEAMEO dan PELINDO, UPNVJT Godok Kurikulum Kampus Merdeka Belajar

Dalam menghasilkan Output lulusan yang semakin baik dan kompeten dalam menghadapi era revolusi 4.0 dan untuk melaksanakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang berupa Program Belajar Merdeka dan Merdeka Belajar, UPN “Veteran” Jawa Timur mempersiapkan diri dengan mengadakan Workshop “Perumusan Kurikulum Merdeka Belajar UPN “Veteran” Jawa Timur 2020”, yang dalam pelaksanaan kegiatan berlangsung di Ruang Seminar Lantai 2 Gedung Techopark, Rabu (4/3), Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Pejabat yang ada dilingkungan UPNVJT mulai dari Kepala Program Studi, Kepala Lembaga, Dekan hingga Rektor.

Workshop ini terbagi dengan 3 Sesi, Sesi 1 diisi oleh Gatot Hari Prawirojanto selaku Koordinator 7 The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Center Indonesia dengan tema kampus merdeka dengan program magang di SEAMEO Center Indonesia dan Oscar Yogi Yustianto direktur SDM Pelindo III dengan tema program Magang Bersertefikat dengan BUMN, Sesi 2 adalah perumusan kurikulum belajar di luar program studi untuk dalam kampus , dan Sesi 3 dengan pembahasan keseteraan program belajar di luar kampus untuk magang,PKL,KKP,KKN dll.

Dalam sambutannya Rektor UPNVJ, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT mengucapkan terimakasih kepada kedua Narasumber karena mau datang ke UPN untuk memberikan pencerahan dan arahan ke semua pimpinan yang ada dilingkungan UPN baik dari Fakultas maupun dari Universitas untuk menjawab tantangan yang diberikan oleh pemerintah terutama dari kemendikbud tentang Merdeka Belajar dan Belajar merdeka yang nantinya UPN wajib melaksanakan Program tersebut “diharapkan dengan adanya pencerahan dari kedua Narasumber tersebut tentang apa apa yang harus dirumuskan dan disiapkan oleh para pemangku kebijakan baik dari fakultas maupun dari Universitas untuk menghadapi tantangan dari Pemerintah tersebut, dan mengharap semua yang ikut dalam workshop ini menggali ilmu sebanyak – banyaknya tentang informasi yang harus disiapkan untuk program Merdeka Belajar dan Belajar Merdeka sehingga program dari pemerintah tentang Merdeka Belajar dan Belajar Merdeka tersebut dapat dilaksanakan awal semester depan yaitu semester ganjil tahun depan” tuturnya.

Wakil Rektor I bidang akademik, Dr. Ir. Sukendah, MSc menambahkan dengan adanya workshop ini semua peserta dapat mempersiapkan diri dengan adanya Program tentang Belajar Merdeka dan Merdeka Belajar yang perlu di lakukan duduk bersama tentang apa yang harus dilaksanakan perumusan dan pemecahan permasalahan oleh antar progdi untuk mensukseskan program Merdeka Belajar dan Belajar Merdeka baik dari segi kebutuhan mahasiswa dan Tenaga Pendidik untuk belajar di dalam kampus dan diluar kampus. Dekan Fakultas Pertanian  Nora Agustina Menambahkan bahwa workshop ini sangat perlu dilaksanakan untuk program tersebut karena harus penyamaan persepsi antar Fakultas dan ada kompromi antar progdi tentang mata kuliah apa yang harus disamakan dan mulai semester berapa bisa mengikuti program dari pemerintah tersebut.