Rektor Berangkatkan 4 Mahasiswa Awardee IISMA 2021, Tekankan Kemandirian, Mengasah Keilmuan dan Softskill untuk Bersaing dengan Mahasiswa Asing.

Keempat mahasiswa ini yaitu Eunike Angelita (Hubungan Internasional,2019) yang akan berangkat ke Lancaster University, Inggris, Cakra Diaz Pratama (Hubungan Internasional, 2018) ke University of Pecs, Hungaria,  Aurriel Sekar Triadira (Teknik Kimia, 2019) ke Vyatautas Magnus University, Lithuania dan Yuliana Hastin Asyrofiyah (Arsitektur, 2018) ke Universitas Putera Malaysia, Malaysia. Mereka merupakan bagian dari 970 mahasiswa dari 98 perguruan tinggi Indonesia yang telah lolos seleksi program International Student Mobility Awards. Untuk tahun 2021/2022, mereka akan melakukan pertukaran mahasiswa di 59 perguruan tinggi kelas dunia di 28 negara.

Dalam sambutannya, Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT.,IPU menyampaikan rasa bangganya kepada 4 mahasiswa ini. “awardee agar lebih mandiri, kedewasaan, mengasah ilmu softskill, mengembangkan keilmuan dan jejaring selama mengikuti program ini, saya pesan kepada mahasiswa ini agar berpesan agar tidak hanya menjalin hubungan dengan sesama orang Indonesia, tetapi juga dengan mahasiswa lain agar bisa membangun koneksi antar mahasiswa internasional” ujar Rektor.

Selanjutnya, Dr. Ir. Sukendah, M.Sc memaparkan kegiatan internasionalisasi oleh UPN “Veteran” Jawa Timur, terutama IISMA ini sebagai ajang pertukaran budaya yang oleh mahasiswa. “Mahasiswa diharapkan terus berkomunikasi kepada KISe selama di negara tujuan dan juga sebagai pembuka bagi mahasiswa lain untuk bisa mengikuti jejak para awardee. Saya mengingatkan kepada mahasiswa agar berkunjung ke perwakilan Indonesia di luar negeri (Kedutaan/Konjen) untuk menjalin komunikasi dan kerjasama di bidang akademik dengan mereka”.

Acara pemberangkatan mahasiswa awardee IISMA yang dilaksanakan secara daring ini dihadiri juga oleh Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Arsitektur dan Desain, Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Koordinator Prodi Hubungan Internasional, Teknik Kimia, dan Arsitektur, Ketua Tim Implementasi MBKM UPNVJT, Kepala dan Staf Kantor Urusan Internasional dan Sekretariat Eksekutif (KISe) UPNVJT dan Mahasiswa serta orang tua/wali peserta IISMA 2021.

Salah satu mahasiswa awardee, Aurriel Sekar, mahasiswi Teknik Kimia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya terhadap UPNVJT yang membantu proses pelaksanaan IISMA, sehingga ia dapat berangkat ke Lithuania dan berkesempatan melakukan pembelajaran di Vytautas Magnus University.

Sementara itu, Rektor berharap UPN “Veteran” Jawa Timur bisa lebih banyak lagi mengirimkan mahasiswa untuk program ini ke univesitas luar negeri. Rektor menetapkan target minimal 50 mahasiswa yang bisa berangkat dan lolos dalam program IISMA tahun mendatang.

SIADU :: Sistem Informasi Aduan