UPN Jatim Gandeng 5 Lembaga Pendidikan dalam Pelaksanaan UTBK 2019

Guna mendukung kelancaran pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), UPN Veteran Jawa Timur menggandeng beberapa sekolah dan kampus di wilayah Surabaya. Kerjasama ini dituangkan dalam “Sosialisasi dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama UPN Veteran Jawa Timur – Mitra Penyelenggara UTBK 2019” yang dihadiri SMK Negeri 6, SMA Negeri 14, SMA Negeri 20, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dan STIE Perbanas yang dilaksanakan di ruang Arjuno, Gedung Rektorat (14/1).

Pelaksanaan UTBK 2019 yang dilaksanakan dalam 20 sesi mulai 13 April sampai dengan 26 Mei ini nantinya bisa dilakukan di 6 tempat yaitu UPN Veteran Jawa Timur, SMK Negeri 6, SMA Negeri 14, SMA Negeri 20, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dan STIE Perbanas. Hal ini dilakukan untuk pemenuhan kuota komputer sebanyak 1095 komputer yang ditetapkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Rudijanto, Kasubag Humas UPN Veteran Jawa Timur mengatakan penandatanganan kerjasama ini dilakukan agar nantinya pendaftar UTBK bisa lebih leluasa memilih lokasi terdekat dengan tempat mereka. “dari 6 lembaga Pendidikan tersebut telah siap 1095 komputer, UPN Veteran Jawa Timur ada 385 komputer di 16 ruangan, SMKN 6 ada 130 komputer di 6 ruangan, SMAN 14 ada 105 komputer di 3 ruangan, SMAN 20 ada 105 komputer di 3 ruangan, STIKOM ada 180 komputer di 7 ruangan dan 190 komputer di 7 ruangan”

Rudi menambahkan ada  perbedaan utama sistem baru tersebut adalah ujian masuk versi cetak telah resmi dihapus. “Prinsipnya tidak ada ujian tulis berbasis cetak, dalam waktu bersamaan, seperti tahun lalu. Ia menjelaskan bahwa rencana tes akan dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu dan dilaksanakan dua shift (pagi dan siang) setiap harinya.

Pendaftaran UTBK dimulai pada 1 Maret 2019 sampai 1 April 2019. Tes akan dilaksanakan pada 13 April 2019 sampai 26 Mei 2019. Untuk pendaftaran UTBK dilakukan melalui daring di laman pendaftaran.utbk.sbmptn.ac.id.

Calon peserta tes diwajibkan mengisi data diri di laman tersebut. Termasuk yang harus disiapkan adalah nomor induk siswa sebagai syarat untuk memperoleh password.

Setelah membayar di bank calon peserta akan mendapatkan password yang digunakan untuk masuk ke laman resmi guna mengunduh kartu pendaftaran UTBK. Setelah kartu diunduh kartu dicetak sebagai syarat mengikuti UTBK di tempat yang telah ditentukan.

Materi tes yang dikembangkan dalam UTBK 2019 ialah Tes Potensial Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) dengan kelompok ujian saintek atau soshum.